Site Loader
aktiva lancar asset

Dunia usaha profesional tidak bisa lepas dari perhitungan keuangan yang kompleks. Mulai dari perhitungan laporan keuangan untuk pembayaran rutin hingga perhitungan berupa aset dan lainnya. Salah satu istilah yang sering terdengar dan digunakan dalam keuangan, akuntansi, maupun bisnis adalah aktiva. 

Aktiva atau bisa juga disebut aset, mempunyai peranan yang sangat penting dan krusial bagi keberlangsungan perusahaan. Aktiva yang terdapat dalam sebuah perusahaan ada 4 jenis, yaitu aktiva tetap (fixed asset) dan lancar (current asset), investasi jangka panjang (long-term investment), dan aktiva tetap tak berwujud (intangible fixed asset). 

Aktiva sendiri secara singkat berarti kepemilikan aset, harta, atau kekayaan yang dapat menunjang kegiatan perusahaan dan dapat ditukar dalam bentuk uang tunai. Aset perusahaan yang dimaksud merujuk pada sumber daya yang ada di dalam perusahaan didapatkan dan timbul dari transaksi atau aktivitas di masa lalu.

Dalam artikel ini akan dibahas salah satu jenis dari aktiva yaitu aktiva lancar. Lalu,seberapa penting peran aktiva lancar dan apa saja ciri-ciri serta jenis-jenisnya? Mari simak secara lengkap dalam artikel ini.

Pengertian Aktiva Lancar

Sumber: Unsplash

Definisi dari aktiva lancar adalah segala jenis aset yang dapat dijual, diuangkan, dan digunakan dengan mudah melalui transaksi uang tunai dalam jangka waktu tidak lebih dari 1 tahun dengan ketentuan perusahaan. Aset tersebut harus bisa diukur menggunakan satuan mata uang untuk dapat diklaim sebagai aktiva lancar. 

Aktiva lancar harus memiliki manfaat yang cukup pasti dari segi ekonomi di masa depan yang diperoleh atau dikelola oleh suatu perusahaan berupa nilai rupiah dari semua aset dan sumber yang juga berbentuk uang dalam jangka pendek. 

Biasanya manajemen aset yang berperan untuk mengendalikan aktiva lancar berupa operasional bisnis, pembiayaan, ataupun investasi yang nantinya akan digunakan untuk menjalankan kegiatan perusahaan. 

Tidak hanya itu, manajemen aset juga mengelola transaksi yang dilakukan di masa lalu namun masih berjalan hingga sekarang seperti transaksi pinjam meminjam dengan bank, pembelian, kontrak piutang, penerbitan saham, investasi, dan lain-lain.

Ciri-ciri Aktiva Lancar

Sumber: Unsplash

Seperti layaknya aktiva lain, aktiva lancar juga memiliki ciri sendiri yang membedakan antara jenis aktiva lainnya. Ciri-ciri tersebut antara lain:

Memiliki Nilai Jual

Sudah semestinya untuk sebuah aset dalam bentuk apapun memiliki nilai ekonomi atau nilai jual yang bermanfaat dan dibutuhkan. Sebuah aktiva lancar tidak bisa disebut aset jika produk atau barang tersebut tersebut milik perusahaan, namun tidak memiliki nilai jual.

Barang Kepemilikan

Bukti kepemilikan aset atau aktiva lancar harus kuat dan dapat dibuktikan secara hukum. Jika perusahaan tidak memiliki dokumen legalitas, aset tersebut tidak bisa diklaim walaupun memiliki nilai ekonomi yang tinggi.

Transaksi Dilakukan di Masa Lalu

Perlu dicatat bahwa apabila transaksi baru akan dilakukan dalam beberapa hari ke depan, maka hal tersebut belum dapat dikatakan sebagai aset atau aktiva lancar. Karena seperti yang sudah dijelaskan di awal, ciri-ciri dari aktiva lancar adalah transaksi telah dilakukan pada masa lalu. 

Memiliki Benefit

Jika sebuah aset atau aktiva lancar mendatangkan kerugian saat dijual, barang tersebut tidak termasuk dalam aktiva lancar. Sebab, selain nilai ekonomi, aset juga harus memiliki keuntungan apabila suatu hari harus dipindahtangankan.

Jenis-jenis Aktiva Lancar

Sumber: Unsplash

Terdapat 8 jenis aktiva lancar yang umumnya ada dan dimiliki perusahaan. Jenis-jenis tersebut antara lain:

Kas

Kas atau cash adalah aset yang terdapat di perusahaan atau disimpan di bank yang sifatnya dapat dipindah atau diambil sewaktu-waktu. Kas bisa disebut sebagai aset lancar walaupun tidak terlihat secara fisik. Kas termasuk dalam aktiva lancar karena perannya untuk aktivitas operasional.

Piutang Pendapatan

Jenis aktiva ini adalah pendapatan yang belum dibayarkan namun sudah menjadi hak. 

Piutang Dagang

Piutang dagang merupakan tagihan perusahaan yang diajukan kepada pihak debitur sebagai penjualan barang atau jasa yang dilakukan secara kredit.

Piutang Wesel

Berupa surat perintah penagihan kepada individu, lembaga, atau badan yang perlu membayarkan sejumlah uang pada tanggal yang telah ditentukan. 

Surat Berharga

Dokumen berupa obligasi perusahaan atau kepemilikan saham yang memiliki sifat sementara atau sewaktu-waktu dapat dijual kembali ketika perusahaan membutuhkan uang tunai. Selain obligasi, surat berharga juga bisa berupa saham dan deposito bulanan.

Persediaan Barang Dagang

Barang atau produk yang dapat dibeli dengan tujuan suatu saat dapat dijual kembali sehingga perusahaan bisa mendapatkan laba.

Beban Dibayar di Muka

Seperti namanya, jenis ini berupa pembayaran beban yang dibayar di awal, tetapi belum menjadi kewajiban pihak yang bersangkutan pada periode berikutnya. Contoh dari beban yang dimaksud adalah biaya sewa, premi asuransi karyawan, perlengkapan alat tulis kantor.

Inventaris atau Perlengkapan

Produk atau barang bersifat habis pakai yang dimiliki oleh perusahaan untuk kelancaran bisnis dan keberlangsungan perusahaan.

Pentingnya Aktiva Lancar bagi Perusahaan

Sumber: Unsplash

Karena yang dapat diubah menjadi satuan nilai uang dalam waktu cenderung singkat yaitu di bawah 1 tahun, aktiva lancar sangat penting bermanfaat untuk melakukan pendanaan langsung seluruh pengeluaran yang berhubungan dengan aktivitas operasional perusahaan. Selain itu, aktiva lancar juga berperan sebagai simpanan untuk memastikan kestabilan perputaran kas, aktivitas operasional perusahaan, dan alokasi investasi perusahaan.

Penghitungan aset atau aktiva lancar harus dilakukan dengan sangat teliti untuk menghindari kesalahan besar maupun kesalahan kecil. Hal ini dimaksudkan agar pengelolaan dapat berjalan baik sehingga operasional perusahaan bisa benar-benar terbantu oleh adanya aktiva lancar. Di jaman yang semakin canggih ini, banyak perusahaan yang menyediakan software untuk menjalankan perhitungan keuangan dan aset adalah salah satunya. 

Jika Anda memerlukan penyedia yang berpengalaman dan kompeten, EOS Teknologi sebagai salah satu perusahaan Software Development dan IT Solution di Jakarta yang berpengalaman lebih dari 10 tahun dalam pengembangan software manufaktur, khususnya fasilitas kawasan berikat. Teknologi akan dikembangkan secara khusus untuk industri manufaktur agar menghasilkan solusi yang tepat, efisien dan berkualitas. Selain itu, produk kami juga meliputi:

  • IT Inventory,
  • Accounting Management System,
  • Warehouse Management System,
  • Purchasing Management System,
  • Sales Management System,
  • Project Management System, dan
  • Production System.

Segera konsultasikan bisnis Anda dengan kami untuk pengalaman pengembangan teknologi terbaik.

Post Author: Nasrul

Tentang kami

Penyedia Software Industri Manufaktur berkualitas di Indonesia. Dikembangkan untuk kebutuhan pasar industri bisnis menjadi Aman, Akurat, Realtime, Inovasi dan Terintegrasi.

Serta sistem bisa Anda kustomisasi sesuai kebutuhan bisnis & laporan organisasi Anda.

Software Solusi Terbaik Area Pabrik - Kategori A
Software Solusi Terbaik Area Pabrik - Kategori A
Sistem ERP Indonesia - Industri Manufaktur Integration
Sistem ERP Indonesia - Industri Manufaktur Integration