Site Loader
Get a Quote
Apa itu Sistem ERP dan Cara Kerjanya

Teknologi yang berkembang secara pesat telah membuat sistem bisnis juga berkembang. Salah satu teknologi yang saat ini tengah banyak digunakan oleh para pelaku industri bisnis adalah sistem ERP. Apa itu sistem ERP?

Sebelumnya perlu diketahui bahwa memilih sistem ERP untuk suatu industri itu merupakan perkara yang serius. Jadi sebelum menggunakannya, para pemilik harus memikirkan terlebih dahulu dengan matang. Sehingga nantinya tidak akan berdampak buruk untuk industri perusahaan mereka.

Apa itu Sistem ERP ?

ERP singkatan dari Enterprise Resource Planning adalah suatu proses yang dijalankan suatu perusahaan mulai dari Departemen Finance, SDM, Manufacture, Purchasing dan jenis lainnya. Selain itu, ERP di jaman Teknologi saat ini seperti Industri 4.0 sudah di gadang fitur-fitur terbaru sesuai perkembangan seperti halnya Teknologi AI. 

Terdapat tiga komponen ERP yaitu Perusahaan (Enterprise), sumber daya (Source), dan Perencanaan (Planning). Sumber daya yang dimaksud disini bisa berupa manusia, modal, atau aset. Jika tidak ada satu elemen saja, maka itu tidak bisa disebut dengan sistem ERP.

Sistem ERP merupakan sistem yang terintegrasi yang bertujuan untuk merangkum proses yang terjadi dalam suatu industri. Semua proses tersebut dikombinasikan sehingga menjadi lebih efektif dan efisien.

Pengertian ERP menurut para ahli :

O’Leary (2000)

ERP merupakan sistem yang berbasis komputer yang bertujuan untuk melakukan proses transaki di dalam perusahaan dan memfalitasi perencanaan yang terintegrasi, realtime, prodksi, dan respon kunsumen.

Hau dan Kuzic (2010)

ERP merupakan multi modul, solusi aplikasi untuk mengemas suatu bisnis yang bisa mengintegrasikan proses bisnis, kinerja industri, pendistribusian data umum, pengelolaan sumber daya, dan menyediakan akses informasi dengan aktual.

Kumar dan Van Hillsgerberg (200)

Sistem ERP merupakan paket sistem informasi yang terkonfigurasi. Sistem ini akan mengintegrasikan informasi dan proses yang berbasis pada informasi di dalam dan melintas area fungsional di sebuah industri perusahaan.

Bagi sebagian besar orang, konsep ERP lebih dikenal sebagai software ERP yang saat ini banyak digunakan oleh hampir semua industri perusahaan. Teknologi ERP adalah software yang bertujuan untuk memfasilitasi arus informasi di dalam sebuah industri perusahaan.

Data yang diperoleh dari software itu akan membantu pemilik industri dalam mengambil sebuah keputusan yang krusial. Dari laporan tersebut, mereka bisa menimbang-nimbang keputusan mana yang terbaik sehingga perusahaan bisa untung tanpa harus mengeluarkan banyak uang. Dengan begitu keuntungan ERP untuk industri cukup efisien.

Bagaimana Cara Kerja Sistem ERP?

Cara kerja dari sistem ERP dituangkan dalam poin-poin yang bisa digunakan pedoman ketika akan menggunakannya. Cara kerjanya yaitu sebagai berikut:

  1. Sistem ERP Termasuk Dalam Infrastruktur Industri Perusahaan

    Sistem ERP peranannya sangat penting dalam kelangsungan hidup industri. Semua orang dan bagian yang terkena imbas dengan sistem ERP harus ikut andil dan mendukung sistem tersebut.

  2. Sistem ERP Meningkatkan Produktivitas

Apa Mamfaat Sistem ERP?

Ada beberapa mamfaat ketika bisnis Anda menggunakan sistem ERP yang sudah komputerisasi dan tentunya integrasi, yaitu:

1. Meningkatkan Produktivitas

Dengan menerapkan sistem ERP pastinya produktivitas dalam bisnis Anda akan semakin berjalan dengan baik sesuai fungsi bisnis Anda tanpa adanya hambatan terutama data-data.

2. Transparan

Penerapan sistem ERP pastinya industri atau bisnis Anda tidak lagi bisa di bohongi, karena dengan adanya sistem ERP semuanya sudah otomatis data-data yang di peroleh, sehingga tingkat transparansi bisnis semakin kondusif.

3. Efisiensi

Penerapan Sistem ERP, industri Anda akan semakin cepat dan akurat dalam memperoleh data-data yang dihasilkan. Sehingga tingkat efisiensi dan deadline semakin berpeluang tinggi bagi bisnis Anda.

4. Tingkat Resiko Lebih Rendah

Karena sudah terkomputerisasi, sistem erp yang Anda terapkan akan menjamin resiko yang tinggi dalam operasional bisnis Anda. Sehingga, managament bisnis akan terkontrol dengan baik, dengan adanya sistem pintar.

5. Laporan yang Mudah Diolah

Dengan data-data yang sudah di olah secara otomatis, pastinya jenis laporan yang Anda butuhkan sesuai kebutuhan akan semakin cepat, akurat dan tepat sasaran.

3 Jenis Sistem ERP Paling Populer Saat Ini

Ada 3 jenis sistem ERP yang kini masih digunakan berbagai industri yaitu:

  • Cloud ERP
  • On-Premise ERP
  • Hybrid ERP

Contoh Aplikasi ERP

Beberapa contoh software ERP Indonesia sudah open source di pasaran, tapi masing-masing memiliki kelebihan dan kelemahan. Kemudian ada beberapa spesifikasi untuk setiap software. Beberapa software ERP yang bisa digunakan adalah Compiere ERP, Apache OFBIZ, Openbravo ERP, dan Opentabs.

Sekarang Anda sudah tahu apa itu sistem ERP dan apa keuntungannya untuk perusahaan. Untuk mengimplementasikan sistem ini tentu saja membutuhkan pertimbangan yang matang. Bahkan harus mengkonsultasikannya dengan orang yang tepat dan ahli di bidangnya.

Software IT Inventory Kawasan Berikat
Software Industry Kawasan Berikat – EOS Teknologi

EOS Teknologi menjadi perusahaan Sistem ERP Indonesia yang patut untuk di ancungi jempol yang tidak kalah dengan brands ternama lainnya.

Jika ada tertarik menggunakan sistem ERP Indonesia dari EOS Teknologi, silahkan kunjungi kontak kami untuk info lebih lengkanya.

(eos/news)

Post Author: EOS Teknologi