Site Loader
software-engineer

Software Engineer – Banyak sekali berbagai macam profesi di dunia ini. Tidak terkecuali profesi yang paling dicari saat ini dalam bidang IT atau teknologi yang sudah tidak asing lagi yaitu software engineer. Salah satu profesi bidang IT ini memang sangat dibutuhkan berbagai perusahaan, ini karena perkembangan teknologi yang semakin pesat membuat munculnya berbagai inovasi dalam bidang teknologi yang memberikan manfaat luar biasa pada masyarakat.

Karena kebutuhan software engineer semakin tinggi maka banyak pula lowongan pekerjaan yang menawarkan posisi sebagai software engineer, nah agar anda lebih paham dan mengetahui secara dalam, berikut ini akan diulas mengenai pengertian software engineer lengkap beserta tugas dan kemampuan yang dibutuhkan.

Pengertian Software Engineer

Software engineer merupakan seorang insinyur perangkat lunak yang menerapkan prinsip-prinsip rekayasa perangkat lunak yang ditujukan untuk desain, pengembangan, pemeliharaan, pengujian, dan evaluasi perangkat lunak. Softaware engineer memiliki tugas untuk melakukan analisa, membuat rekayasa, menyusun spesifikasi, mengimplementasikan dan memvalidasi suatu rancangan sistem perangkat lunak untuk menjawab sebuah permasalahan.

Software engineer dewasa kini memang sangat dibutuhkan banyak perusahaan. Saat ini seluruh aspek perusahaan pun akan membutuhkan seorang software engineer untuk menunjang perangkat yang dimiliki agar segala kegiatan atau aktifitas perusahaan lebih efektif dan efisien.

Seorang yang berprofesi sebagai software engineer harus dituntut untuk lebih belajar karena pekerjaannya yang berhubungan langsung dengan teknologi yang selalu berubah-ubah mengikuti zaman. Software engineer memiliki 5 bidang karir lanjutan seperti Web Developer, Business Information Analysts, Information Security Analysts, Game Developer, dan Mobile Developer. Berikut ini akan dijelaskan cabang karir software engineer.

5 Bidang Karir Lanjutan

Web Developer

Seorang yang bertugas untuk membuat program aplikasi web. Web developer akan membuat website dari awal hingga mengelolanya. Web developer dibagi lagi menjadi dua yaitu yang pertama Front-End Developer dan kedua Back-End Developer.

Information Security Analyst

Berfokus pada pengembangan sistem IT atau pengamanan suatu perusahaan. Profesi ini bertugas memonitor semua sistem dan berbagai data rahasia perusahaan. Dan tidak kalah penting yaitu mengevaluasi atau melakukan audit pada pekerjaan.

Business Information Analyst

Seorang yang bertugas untuk mengevaluasi dan mengembangkan sistem IT perusahaan. Mereka akan mempelajari operasional tiap projek IT, mulai dari tahapan pembuatan hingga pengujiannya. Tak hanya itu, profesi ini juga bertanggung jawab untuk mengidentifikasi hasilnya untuk meningkatkan kualitas

Mobile Developer

Bertugas untuk membuat dan memelihara aplikasi mobile untuk Android, iOS, dan Windows. Mereka juga bertugas untuk meneliti tren dari UI dan UX dan melakukan brainstorming.

Game Developer

Game developer juga termasuk dalam rintisan software engineer. Secara umum, game developer memiliki dua jenis pekerjaan utama yaitu game programming dan game designer.

Baca Juga: Apa Itu Sistem Produksi, Jenis- Jenis dan Tujuannya

Tugas dan Tanggung Jawab Software Engineer

Berikut ini beberapa tugas dan tanggung jawab yang biasa dilakukan seorang software engineer:

  1. Research, perancangan, dan membuat software baru.
  2. Menguji program baru dan mencari kesalahan.
  3. Mengembangkan program yang sudah ada dan menganalisa dan mengenali area untuk modifikasi.
  4. Bekerja dengan bahasa coding komputer.
  5. Memelihara sistem, memonitor, dan memperbaiki kerusakan software perusahaan.
  6. Selalu mengupdate pengetahuan kemampuan teknis dan kemampuan dengan menghadiri in-house dan/atau kursus eksternal, membaca manual, dan mengakses aplikasi baru.
  7. Problem solving dan berpikir secara menyamping sebagai bagian dari tim atau individu guna memenuhi kebutuhan proyek.

Kemampuan yang Harus Dimiliki

Jika kamu memiliki minat dan tertarik pada dunia IT khususnya software engineer berikut ini kemampuan yang wajib dimiliki seorang software engineer

  1. Mampu menganalisis dan memiliki kemampuan dalam problem solving.
  2. Memiliki kemampuan dari berbagai macam aplikasi.
  3. Kemampuan belajar skill dan teknologi terbaru dengan cepat.
  4. Awareness terhadap isu terkini yang mempengaruhi industri dan teknologi.
  5. Pikiran yang logis.
  6. Detail.
  7. Numeracy
  8. Kemampuan berkomunikasi secara baik dengan client, kolega, dan lainnya.

Kesimpulan

Software engineer saat ini merupakan pekerjaan yang memang sedang banyak dibutuhkan. Tentu saja karena perkembangan teknologi yang sangat pesat menuntut segala perusahaan untuk beralih pada sistem-sistem software yang dirasa lebih efektif digunakan. Beberapa sistem dalam perusahaan seperti sistem produksi, pembelian, penjualan, inventory, dan lain sebagainya kini mulai beralih pada software ERP.

sistem erp - it inventory

Tentu saja perusahaan anda tak mau jauh ketinggalan dalam mencakup aspek apapun kan? Maka dari itu pilihlah software ERP yang sesuai kebutuhan perusahaan. Salah satunya beberapa produk yang dimiliki oleh EOS Teknologi yaitu software house yang berfokus pada perusahaan manufaktur. Anda dapat konsultasi dan pilih sesuai kebutuhan perusahaan. Selain pekerjaan lebih cepat, efisien dan tepat, output yang dihasilkan perusahaan pun lebih akurat.

Sumber: Campuspedia.id | Adalah.co.id


Post Author: EOS Teknologi