Site Loader
eos_erp sistem

Sistem ERP menjadi salah satu alat yang cukup efektif untuk membantu industri perusahaan dalam meningkatkan produktivitas operasionalnya. Tapi sebelum memutuskan menggunakannya, seorang pemilik industri harus tahu dulu apa yang harus dilakukan sebelum memilih sistem ERP.

Cara kerja ERP yang terbilang sulit memaksa pemilik perusahaan harus berpikir dengan matang untuk menggunakan sistem ini. Karena meskipun memiliki dampak yang menggiurkan, tapi jika mereka tidak bisa menggunakannya dengan baik, dampak yang terjadi malah sebaliknya akan terjadi.

Tips & Trik Memilih Sistem ERP Terbaik

Banyak sekali hal yang harus dilakukan oleh pemangku industri perusahaan sebelum menggunakan sistem ERP. Untuk lebih jelasnya simak ulasannya di bawah ini:

1. Tentukan Tujuan

Menentukan tujuan untuk mengimplementasikan sistem ERP bukanlah perkara mudah. Untuk merumuskan suatu tujuan, pemilik industri tentu saja membutuhkan pemikiran yang jernih.

Untuk memulainya, kita bisa ambil secarik kertas lalu tuangkan angan-angan untuk perusahaan kita di masa mendatang. Setelah itu lakukan analisis terhadap keadaan bisnis kita saat ini mulai dari kekurangannya, kendala pekerjaan, hingga masalah yang sering dialami.

Setelah itu bawa coretan-coretan dalam kertas tersebut lalu serahkan kepada karyawan supaya bisa dilaksanakan.

2. Membentuk Tim

Cara memilih ERP yang selanjutnya bisa digunakan adalah membentuk tim. Tim tersebut harus terdiri dari staf-staf yang sesuai dengan fungsional yang nantinya akan terlibat. Misalnya staff HRD, marketing, accounting, dan IT.

Tim yang kita buat harus paham dengan tujuan implementasi ERP sebagaimana telah dibuat sebelumnya. Lakukan meeting dan berilah mereka kesempatan untuk memberikan masukan. Akan lebih baik jika tim tersebut berisi orang yang berpengalaman tentang implementasi ERP.

3. Tentukan Sistem yang Bisa Memenuhi Tujuan

Sebelumnya kita harus pastikan dulu ya supaya tim yang telah kita buat itu sangat paham dengan tujuan yang dibuat sebelumnya. Sehingga mereka bisa tahu langkah yang tepat untuk mengimplementasikannya.

Kenapa mereka harus paham? Karena telah banyak kasus dimana vendor akan menyanggupi permintaan apapun dari kliennya supaya secara teknis bisa tercapai. Tapi dengan konsekuensi harus mengorbankan norma-norma dalam bisnis yang telah berlaku.

Yang lebih parahnya lagi akan membuat biaya pengeluaran kita sebagai klien mereka semakin membengkak. Bukannya untung, menggunakan sistem ERP malah akan membuat perusahaan kita buntung.

4. Sesuaikan Dengan Kebutuhan Industri

Setiap orang tentu saja menginginkan perusahaannya bisa mendapatkan profit yang lebih besar. Tapi kita harus berpikir realistis dan harus bisa membedakan mana kebutuhan dan mana keinginan. Jangan sampai kita terjebak dengan keinginan yang bisa berujung pada penggunaan ERP yang tidak jelas.

Kita sebenarnya bisa memenuhi apa yang diinginkan, tapi resikonya biaya pengeluaran akan membengkak. Masalah tersebut akan semakin besar lagi jika kita malah melupakan kebutuhan dan lebih mementingkan kebutuhan.

Baca juga: 5+ Rekomendasi Sistem ERP Terbaik Untuk Industri Kawasan Berikat

5. Gunakan Teknologi Terbaru

Untuk bisa menggunakan sistem ERP dengan teknologi terbaru juga tidaklah mudah. Kita butuh konsultan supaya bisa menggunakan teknologi tersebut dengan baik dan benar. Beberapa sistem ERP mungkin bisa berjalan di berbagai sistem operasi seperti Linux atau Windows.

Bahkan kita juga harus tahu berbagai hal teknis lainnya seperti bahasa pemrograman yang digunakan, proses updatenya seperti apa? Apakah butuh koneksi internet atau tidak? Jika sudah menguasai berbagai hal teknis, kita bisa membuat perusahaan menjadi lebih berkembang.

Memang banyak hal yang harus kita pertimbangkan sebelum memilih sistem ERP untuk industri perusahaan. Tapi jika kita menggunakannya dengan baik, sistem ini memiliki dampak yang sangat besar untuk perusahaan.

Rekomendasi Sistem ERP Terbaik di Indonesia

Supaya kita tidak terjebak dalam kesalahan untuk menggunakan sistem ERP, sebaiknya konsultasi terlebih dahulu kepada orang yang berpengalaman. Salah satunya adalah EOS Teknologi.

EOS Teknologi merupakan perusahaan yang bergerak di bidang Software Development dan IT Solution untuk memenuhi kebutuhan industri, membantu dalam mempermudah operasional kerja harian, dan meningkatkan kualitas dan akurasi data.

Tanpa basa-basi lagi, konsultasikan perusahaan Anda pada kami sekarang juga! Maka dari itu, EOS Teknologi adalah solusi terbaik dalam menangani masalah sistem Industri.

(eos/news)

Post Author: EOS Teknologi