Site Loader
Get a Quote
Sistem Cloud ERP

Secara umum sistem ERP digolongkan ke dalam tiga kategori yaitu On Premise ERP, Cloud ERP, dan Hybrid ERP. Ketiga sistem itu tentu saja memiliki kelebihan dan kelemahan yang harus Anda ketahui sebelum menggunakannya.

Tapi dalam artikel ini kita hanya akan membahas tentang kelebihan Cloud ERP. Dua sistem ERP yang sudah banyak ditawarkan di pasaran yaitu sistem ERP konvensional atau On Premise dan Cloud ERP. Keduanya memang memiliki tujuan yang sama yaitu untuk menyederhanakan kegiatan bisnis.

Kelebihan Sistem Cloud ERP

Tapi sekarang sebagian besar perusahaan sudah beralih menggunakan Cloud ERP. Berikut ini kelebihan sistem cloud ERP yang perlu Anda ketahui:

1. Harganya Lebih Murah

Anggaran yang Anda butuhkan untuk implementasi sistem cloud ERP lebih murah dibandingkan sistem ERP konvensional. Pasalnya Anda tidak perlu lagi membeli server atau server supaya sistem ERP bisa bekerja. Terlebih lagi Anda juga bisa mengurangi biaya pengeluaran untuk staf IT.

Anda juga tidak akan menggocek biaya tambahan untuk memanggil Vendor ERP ke kantor karena harus perbaikan. Terlebih jika harus melakukan pembaharuan secara berkala dan proses itu juga tidak memakan waktu yang sebentar.

Sementara jika menggunakan sistem cloud ERP, upgrade atau perbaikan bisa dilakukan melalui backend. Jadi Anda tidak perlu lagi memanggil vendor untuk datang ke pabrik.

2. Implementasi Sistem ERP Lebih Mudah

Implementasi sistem ERP On Premise membutuhkan waktu yang tidak sebentar, bisa berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun. Sementara Cloud ERP bisa mengimplementasikan sistem dengan lebih singkat dan mudah. 

Hal itu terjadi karena sistem Cloud ERP itu diterapkan pada desktop atau mobile yang bisa diakses melalui website. Tapi Anda membutuhkan koneksi internet untuk mengaksesnya. Anda juga bisa mengaksesnya dengan berbagai browser yang sudah umum digunakan seperti Mozilla Firefox, Google Chrome, dan Safari.

3. Berkurangnya Ketergantungan Pada Staff IT

Anda hanya membutuhkan sedikit sumber daya IT ketika menggunakan Cloud ERP. Karena Anda tidak perlu repot-repot lagi mengelola server ERP, sehingga Anda juga bisa memangkas biaya operasional perusahaan.

Tugas yang Anda berikan kepada staf IT bisa lebih kompleks lagi untuk mendatangkan keuntungan yang lebih besar lagi untuk bisnis Anda. Hal ini tentu saja lebih efektif dibandingkan mempekerjakan mereka pada pengelolaan server ERP.

Baca juga: 10 Aplikasi ERP Terbaik 2020 yang Banyak Digunakan

4. Sangat Mudah Diakses

Sistem ERP berbasis Cloud sangat cocok digunakan oleh perusahaan yang sudah memiliki banyak cabang baik itu di berbagai wilayah ingga negara. Anda sebagai pemilik bisnis tentu saja ingin memantau semua operasi bisnis di perusahaan dimanapun dan kapanpun dengan hanya menatap smartphone saja.

Semua departemen yang ada di perusahaan Anda juga bisa saling terhubung satu sama lain meskipun berada di lokasi yang berjauhan. Sementara data yang dilaporkan tetap akan akurat dan real time.

5. Mudah Disesuaikan Dengan Bisnis

Anda bisa menggunakan sistem cloud ERP yang sesuai dengan skala bisnis. Anda bisa mengatur skalabilitas software sesuai dengan keinginan. Sistem ini tentu saja sangat wajib Anda gunakan jika Anda tetap ingin memenuhi tuntutan perubahan bisnis yang suatu saat akan terjadi.

Sistem ini akan memberikan manfaat yang cukup besar untuk perusahaan startup. Sebab mereka bisa mengurangi atau menambah sistem ERP sesuai dengan pertumbuhan bisnisnya.

6. Data Tersimpan Lebih Aman

Untuk masalah keamanan sistem Cloud ERP tentu saja lebih baik dibandingkan sistem ERP On Premise. Jadi jangan heran jika banyak perusahaan yang sudah beralih ke sistem Cloud ERP. Semua data perusahaan akan tersimpan secara otomatis di dalam cloud, sehingga bisa mengurangi resiko kehilangan data.

Anda juga tidak perlu khawatir jika data tersebut disalahgunakan oleh karyawan. Sebab Anda tetap bisa membatasinya siapa saja yang memang berhak bisa mengakses data tersebut.

Cloud ERP juga akan membantu perusahaan Anda ketika mengalami musibah yang tidak diinginkan. Sebab data perusahaan Anda tidak disimpan di dalam server, tapi di dalam sistem.

Itulah beberapa kelebihan sistem cloud server yang perlu Anda ketahui. Berbeda dengan sistem ERP On Premise, para perusahaan startup atau UKM juga sudah bisa menggunakan sistem ERP Cloud karena harganya yang terjangkau dan bisa disesuaikan dengan perkembangan bisnis.

Menaikan Level Sistem Bisnis Manufaktur, serahkan Solusinya Pada EOS Teknologi!

Naik Level Sistem Pintar - Kawasan Berikat : EOS Teknologi
Naik Level Sistem Pintar Kawasan Berikat : EOS Teknologi

Anda bisa berkonsultasi lebih mendetail melalui pengembangan sistem pada EOS Teknologi pada halaman contact.

(eos/news)

Post Author: EOS Teknologi