Site Loader
Get a Quote
apa itu sistem logistik

Ketika mendengar istilah logistik, pemikiran sebagian besar orang pasti akan tertuju pada pengadaan beras yang biasa dilakukan oleh Badan Urusan Logistik atau BULOG. Atau mungkin saja mengarah pada penyediaan peralatan dalam penyelenggaraan suatu kegiatan. Lantas apa sih sistem Logistik itu?

Awalnya istilah logistik ini digunakan untuk menjelaskan aktivitas yang berhubungan dengan pemeliharaan sumber daya tempur di sebuah medang perang. Tapi seiring berjalannya waktu istilah ini secara umum digunakan untuk pelayanan dan kegiatan bisnis.

Apa Itu Sistem Logistik ?

Sistem logistik adalah serangkaian fasilitas yang berhubungan dengan jasa pelayanan transportasi. Fasilitas yang yang disebutkan itu memiliki maksud tempat dimana suatu material diolah mulai dari pembuatan, penyimpanan, sortir, hingga konsumsi.

Cakupan dari sistem logistik ini sangat beragam mulai dari fasilitas manufaktur, terminal transportasi, hingga tempat pembuangan. 

Ada tiga aktivitas utama dalam menjalankan sistem logistik yaitu order processing, inventory management, dan freight transportation. Bagian yang bergerak pada aktivitas order processing atau pemrosesan pemesanan dalam informasi.

Proses tersebut bisa dimulai dari mengisi formulir pemesanan oleh pihak customers, kemudian dikirim dan dilakukan pemeriksaan. Setelah itu akan dilakukan verifikasi mengenai ketersediaan barang dan status kredit memesannya. 

Selain itu ada juga perintah mengenai pengambilan dari penyimpanan atau pembuatan di fasilitas manufaktur. Selanjutnya barang akan dikemas lalu dikirimkan yang disertai dengan dokumen pengirimannya.

Setelah aktivitas order processing selesai, maka aktivitas yang selanjutnya adalah inventory management. Aktivitas ini memiliki faktor yang yang sangat penting dalam perencanaan dan operasi sistem logistik. 

Maksud inventory dalam istilah ini bisa berupa komponen maupun material work-in-process. Sementara pada aktivitas freight transportation yang paling banyak bergerak adalah barang mulai dari barang mentah, barang dalam proses, hingga barang jadi.

Elemen Sistem Logistik

Perlu Anda ketahui bahwa objek logistik itu tidak hanya terbatas pada barang saja, tapi juga penumpang, bencana, dan militer yang dilakukan oleh para pelaku bisnis. Aktivitas sistem logistik juga melibatkan berbagai berbagai pemangku kepentingan lainnya yaitu sebagai berikut.

1. Konsumen

Konsumen merupakan orang yang membutuhkan barang baik itu untuk diproses lagi atau konsumsi. Konsumen memiliki kewenangan dalam menentukan jenis dan jumlah barang yang akan mereka beli. Kemudian mereka juga bisa menentukan dimana barang tersebut dibeli serta kemana tujuannya akan diantarkan.

2. Pelaku Logistik

Pelaku logistik merupakan penyedia barang yang dibutuhkan oleh pihak konsumen. Pelaku logistik memiliki dua kategori yaitu produsen dan penyalur. Produsen merupakan penghasil atau pembuat barang. Sementara penyalur adalah perantara untuk pemindahan barang dari produsen ke konsumen.

3. Penyedia Jasa Logistik

Barang dari produsen ke konsumen akan dikirimkan dengan distributor. Elemen sistem logistik itu disebut sebagai penyedia jasa logistik. Penyedia logistik itu bisa seorang transporter, freight forwarder, shipping liner, EMKL dan sebagainya.

4. Pendukung Logistik

Efektivitas dan efisiensi kegiatan logistik nantinya akan didukung oleh pendukung logistik. Elemen ini juga akan berkontribusi dalam menyelesaikan permasalahan selama proses logistik berlangsung. Orang yang berperan sebagai pendukung logistik bisa asosi, institusi pendidikan, konsultan, dan lembaga penelitian.

5. Pemerintah

Pemerintah juga termasuk elemen penting dalam penting dalam sistem logistik, diantaranya sebagai regulator yang mempersiapkan aturan dan kebijakan. Pemerintah juga bisa berperan sebagai fasilitator serta integrator pada aktivitas logistik.

Sekarang Anda sudah tahu apa itu sistem logistik beserta elemen-elemen penting di dalamnya. Untuk perusahaan di kawasan berikat membutuhkan aplikasi inventory untuk menjalankan sistem logistik. Aplikasi tersebut akan mempermudah pihak bea cukai dalam pemeriksaan barang.

Rekomendasi Jasa IT Inventory

Salah satu jasa yang bisa Anda gunakan untuk pembuatan aplikasi Inventory adalah EOS Teknologi. Bahkan Anda juga bisa membuat aplikasi inventory tertinggi yaitu IT Inventory kategori A yang didalamnya sudah terintegrasi dengan bea cukai. 

Menaikan Level Kategori A (Grade A), serahkan solusinya kepada EOS Teknologi!

Sistem IT Inventory, ERP Bea Cukai

FAQs » Manufacture System Specialist EOS Teknologi

Kenapa harus Sistem EOS?
Karena EOS itu System Manufacture Specialist, sehingga sangat cocok untuk kebutuhan para pelaku industri Manufaktur bisnis di Indonesia, terutama industri yang berada di dalam Kawasan Berikat.
Apakah Sistem EOS Terintegrasi?
Tentu, sistem EOS dirancang untuk mempermudah operasional bisnis suatu perusahaan. Dimana Sistem EOS menyesuaikan standard operasional terutama untuk bisnis yang berada di wilayah Kawasan Berikat. Beserta pengembangan sistem teknologi saat ini yaitu Industry 4.0.
Apakah Sistem EOS Kategori A?
Tentu saja, sistem EOS dirancang untuk lebihi efisien yang saling integrasi di inetrnal perusahaan ataupun external seperti BEA Cukai, dengan tingkat keamanan sangat dipioritaskan.
Shortcode

Anda bisa berkonsultasi lebih mendetail melalui website software house EOS Teknologi pada halaman contact.

(eos/news)

Post Author: EOS Teknologi