Site Loader
Get a Quote
Aplikasi ERP terbaik Indonesia

ERP adalah aplikasi yang bisa membantu industri perusahaan dalam mengelola sebuah bisnis seperti produksi, keuangan, pegadaian, dan sebagainya. Aplikasi ERP akan memberikan kemudahan untuk mengelola bisnis secara akurat dan real time.

Transaksi yang yang berasal dari berbagai sumber juga akan aman karena sistem ERP memiliki database sendiri. Setiap aplikasi ERP juga bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Maka dari itu, untuk menambah wawasan Anda, berikut ini kami rangkum beberapa aplikasi ERP yang bisa digunakan oleh industri perusahaan:

1. NetSuite ERP

Software ERP yang satu ini telah banyak digunakan oleh banyak industri perusahaan di Indonesia. Salah satu kelebihan yang dimiliki oleh sistem ERP ini yaitu memiliki fitur yang bisa kita sesuaikan dengan kebutuhan bisnis.

Dengan kelebihannya tersebut, NetSuite ERP merupakan sistem ERP yang sangat cocok untuk semua kalangan bisnis. Aplikasi ini akan lebih efektif lagi untuk melakukan pencatatan keuangan, misalnya mengaudit pengeluaran industri perusahaan.

2. Brightpearl

Kelebihan aplikasi ERP Brightpearl yaitu bisa terintegrasi dengan platform toko online internasional seperti Bay, Amazon, BigCommerce, Shopify, dan Magento. Aplikasi ini akan membantu industri perusahaan dalam mengatur alur kerja secara back office serta mengembangkan bisnisnya.

Sistem ERP Brightpearl juga akan terus memperbaharui data penjualan secara real time. Fitur ini akan membuat pemilik perusahaan bisa mengontrol stok barang yang ada. Barang yang terdapat di gudang tidak akan terlalu banyak atau kurang dan tentu saja disesuaikan dengan kebutuhan customers.

3. Ecount ERP

Ecount ERP dilengkapi dengan modul akuntansi yang sangat lengkap yang akan membantu industri perusahaan dalam mengelola hutang, manajemen arus kas, dan biaya pengeluaran.

Dengan begitu aplikasi ERP ini akan membantu perusahaan untuk menjalankan bisnisnya dengan akurat dan efisien, terutama dalam hal catatan keuangan. Kelebihan lainnya dari aplikasi ini yaitu pelayanannya 24 jam.

4. gtEnterprise Suite

gtEnterprise Suite merupakan sistem ERP terintegrasi yang akan membantu industri perusahaan dalam mengelola bisnis. Didalamnya memiliki banyak modul lengkap, yaitu gtCRM, gtHR, gtAsset, gtGA, gtFinance, gtInventory, dan gtPos.

Dengan modulnya yang lengkap, aplikasi ERP besutan Gamatechno ini tidak hanya akan mempermudah proses keuangan saja, tapi juga perencanaan SDM, inventori perusahaan, hingga pengelolaan konsumen.

5. Sage Inttact

Sage Inttact juga termasuk aplikasi ERP terbaik di tahun 2020 karena di dalamnya memiliki banyak modul. Kelebihan dari aplikasi ini yaitu alat keuangannya yang sudah didukung dengan AICPA untuk CPA.

Tidak hanya itu, aplikasi ini juga dilengkapi dengan panduan lengkap dan video tutorial, sehingga kita bisa menggunakannya dengan cukup mudah. Sage Inttact juga bisa kita integrasikan dengan aplikasi lain yang sudah dilengkapi dengan aplikasi ERP.

6. Odoo ERP

Odoo ERP sudah terintegrasi dengan berbagai platform seperti toko online, web builder, CRM, POS, dan aplikasi penjualan yang lainnya. Aplikasi ini sangat cocok untuk industri perusahaan yang tengah berkembang. Sebab di dalamnya terdapat lebih dari 1000 modul yang bisa kita pilih.

Baca juga: Pentingnya Penerapan ERP pada Perusahaan Kawasan Berikat

7. Workday

Workday merupakan aplikasi cloud yang sudah berevolusi dari sistem HCM ke ERP  yang didalamnya memiliki modul yang sangat lengkap. Aplikasi ini akan membantu industri perusahaan dalam menjalankan bisnis supaya lebih akurat dan fleksibel.

8. Oracle

Salah satu sistem ERP yang menyediakan pendekatan cloud dengan lengkap dan menyeluruh adalah Oracle. Aplikasi ini akan menampilkan data secara realtime yang memiliki indikator grafis. Laporan ini bisa dilihat pada dashboard dan area kerja.

9. FinancialForce ERP

FinancialForce ERP juga termasuk aplikasi ERP yang tak bisa kita lewatkan karena bisa terintegrasi dengan CRM Salesforce. Sistem ini lebih mengedepankan pada pengelolaan keuangan dan customers. Dengan begitu, proses pekerjaan akan menjadi lebih efisien dan menghemat waktu.

Baca juga: Tips & Trik Memilih Sistem ERP Terbaik Tahun 2020

10. Compiere

Jika kita memerlukan sistem ERP yang modern dan ringkas, tapi biayanya rendah, maka Compiere adalah pilihan yang sangat tepat. Aplikasi ERP yang satu ini dibuat khusus untuk perencanaan sumber daya manajemen gudang.

Dengan harganya yang cukup terjangkau, penggunanya tetap akan mendapatkan fitur yang cukup lengkap untuk manajemen bisnis. Tidak seperti software ERP berbayar, Compiere bisa diakses secara gratis untuk pelaku UMKM.

EOS Product for Smart Factory

FAQs | Seputar Sistem ERP

Apa Itu sistem ERP?
Sistem ERP adalah software yang dirancang untuk mempermudah proses bisnis industri perusahaan karena sistemnya sudah terintegrasi dan terpadu. Pada awalnya, sistem ini banyak digunakan oleh banyak industri perusahaan besar, tapi sekarang sudah populer UMKM. Karena penerapan ERP pada perusahaan sangat penting.
Kenapa harus pakai sistem ERP?
Untuk meningkatkan produktifitas & efisiensi, maka sistem sangat perlu di terapkan dalam dunia bisnis terutama industri Manufaktur. Beberapa alasannya beragam, yaitu:

Mengintegrasikan Informasi Keuangan, Mengelola Stok dan Pesanan, Menganalisis Pelanggan, KPI perusahaan, dan membuat laporan lengkap.

Apa Mamfaatnya sistem ERP untuk Manufaktur?
Berdasarkan data yang kami dapatkan dari SelectHub, terdapat sekitar 81% industri perusahaan yang sukses dalam menerapkan sistem ERP.

Dengan mamfaat utamanya: Produksi Operasional semakin Efisien, Meningkatkan Kerja Sama Tim, Meningkatkan Keamanan Data, Menghemat Biaya Operasional, Membuat Keputusan dengan Akurat.

(eos/news)

Post Author: EOSHIT