Site Loader
Get a Quote
menentukan vendor ERP

Fungsi ERP memang akan membuat proses bisnis menjadi lebih efektif dan efisien. Tapi memilih aplikasi ERP tanpa melakukan identifikasi terlebih dahulu merupakan sebuah kesalahan. Karena sistem ini juga harus disesuaikan dengan bisnis yang sedang Anda jalani sebelum memilih Vendor ERP yang tepat.

Di luar sana sudah banyak vendor yang memberikan penawaran sistem ERP. Jadi Anda harus meluangkan waktu untuk mencari lebih detail tentang vendor yang akan Anda pilih. 

Berikut ini Cara Menentukan / MemilihVendor ERP Untuk Bisnis

Jika terlalu banyak menarget vendor, Anda akan kesulitan membandingkannya. Jadi sebaiknya persempit pilihan tersebut menjadi 2 atau 3 vendor saja untuk melakukan investigasi online. Setelah itu, berilah kesempatan kepada mereka untuk melakukan presentasi secara langsung kepada Anda terkait permasalah atau kebutuhan Anda.

1. Solusi ERP yang Ditawarkan

Hal pertama yang harus Anda pertimbangkan dalam mencari sistem ERP yaitu fokus pada solusi yang Anda inginkan. Anda jangan langsung menentukan satu vendor ERP meskipun sudah memiliki pengalaman yang banyak, reputasi  bagus, dan sudah memiliki klien dari perusahaan ternama.

Semua itu akan sia-sia jika vendor tersebut tidak memberikan solusi untuk perusahaan Anda. Jadi Anda harus memiliki sendiri kriteria vendor ERP. Misalnya Anda ingin tahu apakah modul ERP yang mereka tawarkan sesuai dengan bisnis yang tengah Anda jalani.

Masih banyak lagi hal lain yang harus Anda tanyakan kepada setiap vendor seperti sistem ERP yang bisa diintegrasikan dengan sistem ERP yang sudah ada. 

2. Reputasi Vendor

Jika Anda sudah memiliki vendor yang dekat dengan kriteria yang diinginkan, tahapan yang selanjutnya adalah mencari tahu bagaimana reputasi mereka. Anda bisa mencarinya melalui history mereka secara online. Misalnya melalui mesin pencari atau media sosial atau bisa menanyakannya langsung ke calon vendor.

Anda cari tahu klien perusahaan apa saja yang telah mereka layani. Dapatkan juga referensi yang serupa dengan bisnis yang tengah Anda Jalani. Bahkan tak ada salahnya juga untuk mencari referensi kompetitor Anda.

Darisana Anda sudah harus mendapatkan daftar klien dari para vendor. Selanjutnya jangkaulah klien tersebut untuk mengamati lebih lanjut mengenai pengalaman mereka menggunakan vendor ERP yang akan Anda pilih. Dari mereka Anda bisa tahu bagaimana pelayanan yang diberikan oleh vendor kepada klien.

Dengan menanyakan langsung kepada klien vendor tersebut, Anda juga bisa mengevaluasi sistem ERP apa yang akan Anda gunakan. Sebab Anda harus menyesuaikannya dengan bisnis Anda. Dari Sini Anda sudah bisa memutuskan apakah tetap lanjut atau mencari vendor lain.

3. Layanan Vendor

Anggap saja Anda sudah memiliki dua vendor ERP yang sudah memenuhi kriteria yang diinginkan. Tahap yang selanjutnya adalah membandingkan dukungan yang diberikan oleh kedua vendor tersebut. 

Sebab mereka harus bisa membantu Anda secara penuh jika semua itu masih berhubungan dengan sistem yang mereka buat. Oleh sebab itu Anda juga harus memiliki list layanan yang diberikan oleh masing-masing vendor ERP. Misalnya waktu pelatihan yang diberikan, garansi yang diberikan, dan sebagainya.

4. Harga yang Ditawarkan

Faktor lain yang harus Anda pertimbangkan sebelum memilih sistem ERP yaitu harga yang ditawarkannya. Anda harus pastikan bahwa biaya untuk penggunan sistem ERP yang ditawarkan oleh mereka sesuai dengan anggaran yang sudah ditentukan oleh perusahaan.

Misalnya Anda menggunakan sistem ERP tingkat satu seperti SAP dan Oracle yang dijual dengan harga miliaran rupiah. Keduanya juga sudah memiliki pengalaman yang tidak patut dipertanyakan lagi. Tapi Anda tetap akan rugi jika solusi yang mereka tawarkan tidak sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda.

Disamping itu Anda juga jangan sampai menggunakan sistem ERP yang dijual dengan harga murah. Sebab yang harganya murah belum tentu sesuai dengan harapan Anda nantinya. Oleh sebab itu, Anda perlu membandingkan harga dari setiap vendor selain juga harus membandingkan manfaat yang mereka tawarkan dan tentunya kualitas setiap vendor.

Baca juga: 5 Tips Meningkatkan Penjualan Industri Manufaktur

Itulah beberapa hal yang harus Anda perhatikan sebelum menentukan vendor ERP. Intinya, sistem ERP yang akan digunakan harus sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda. Meskipun harganya mahal dan sudah berpengalaman, percuma saja jika tidak menawarkan solusi untuk bisnis Anda.

Naik Level? Serahkan Solusinya Pada EOS Teknologi!

IT Solution ERP System

Anda bisa berkonsultasi lebih mendetail melalui website software house EOS Teknologi pada halaman contact.

(eos/news)

Post Author: EOS Teknologi