Site Loader
Get a Quote
Sistem Inventory Manufaktur di Indonesia

Banyak industri perusahaan yang sudah beralih dalam mengelola persediaan barang dari sistem manual ke sistem modern, sistem baru ini menggunakan software atau aplikasi untuk mengelola stok barang. Manfaat aplikasi Inventory juga sangat beragam untuk industri yang menggunakannya.

Sistem IT Inventory yang modern ini akan menyederhanakan bisnis Anda menjadi lebih efektif dan efisien. Sehingga aplikasi inventory tersebut bisa membuat industri menjadi berkembang dan terkontrol dengan baik.

Manfaat Aplikasi Inventory Pelaku Bisnis Industri

Manfaat dari aplikasi inventory itu tidak hanya terbatas pada kemudahan dan akurasinya, tapi lebih dari itu. Berikut ini manfaat lain yang akan industri dapatkan ketika menggunakan aplikasi Inventory:

1. Mengurangi Human Error

Dengan menggunakan suatu aplikasi, maka kesalahan-kesalahan yang dilakukan oleh karyawan suatu industri bisa diminimalisir. Sebab jika hal ini dilakukan akan memiliki efek yang sangat buruk untuk industri. Bahkan industri akan mengalami kerugian yang sangat signifikan.

Aplikasi IT Inventory biasanya memiliki fitur dashboard yang berfungsi untuk mengetahui letak atau jumlah stok barang yang tersedia. Sebuah industri yang sudah berskala besar tentu saja akan memiliki gudang yang sangat luas.

Dengan software inventory, karyawan industri tinggal mengakses dashboard saja melalui smartphone ataupun komputer. Pemilik industri juga tidak perlu takut kehilangan stock karena aplikasi inventory sudah memiliki fitur sudar jalan dan surat terima.

Barang yang masuk maupun keluar akan divalidasi terlebih dahulu oleh penanggung jawab yang sudah ditugaskan oleh pemilik industri. Dengan begitu, Anda tinggal menghubungi orang tersebut jika ada barang yang kurang stok.

2. Mudah Menentukan Estimasi Biaya

Tidak sedikit para pelaku industri yang mengalami kerugian karena salah dalam menghitung anggaran biaya yang dikeluarkan untuk stok barang. Sebab dalam melakukan sebuah transaksi pembelian, banyak hal yang harus diperhatikan seperti biaya transportasi dan pajak.

Kesalahan tersebut memang bisa diatasi oleh bagian akuntan. Tapi hal itu tetap saja akan memakan cukup banyak waktu dan tentu saja sangat merepotkan jika jumlah barangnya sangat banyak.

Jika Anda menggunakan aplikasi sistem inventory, maka pencatatan tersebut bisa diatasi dengan mudah. Beberapa aplikasi inventory dilengkapi dengan landed cost yang bisa digunakan oleh bagian akuntan untuk mempermudah perhitungan.

Human error yang dilakukan oleh bagian akuntan juga akan minim karena telah dibantu oleh software manajemen inventory. Perhitungannya akan lebih akurat, sehingga Anda bisa meminimalisir biaya pengeluaran.

3. Mengurangi Lead Time

Manfaat aplikasi inventory yang lainnya yaitu bisa mengurangi lead time, sehingga proses industri bisa dipersingkat. Karena aplikasi inventory terintegrasi dengan fungsi yang lainnya seperti informasi pembelian, penjualan, dan akuntansi.

Sistemnya yang sudah terintegrasi tidak akan membuat industri buang-buang waktu untuk membuat sebuah laporan. Sebab laporan secara detail bisa didapatkan melalui software saja.

Software IT Inventory juga bisa mengontrol pergerakan barang, dalam hal ini masuk dan keluar barang. Karena aplikasi manajemen ini biasanya memiliki fitur serial number dan opname. Fitur ini akan membuat pemilik industri bisa melacak expiry date produk dan ketersediaan barang dengan mudah.

Pelacakan yang dilakukan oleh software Inventory cukup akurat dan bisa dilakukan secara realtime. Sehingga pemilik industri bisa lebih leluasa untuk memuaskan customernya.

Baca juga: Pentingnya Penerapan ERP pada Perusahaan Kawasan Berikat

4. Memaksimalkan Stok Barang

Aplikasi IT Inventory bisa memberikan laporan ketersediaan stok barang secara realtime dan akurat. Dalam suatu industri bisnis, laporan realtime ini sangatlah penting. Kenapa demikian?

Laporan realtime itu akan membuat pemilik perusahaan bisa memprediksi statistik penjualan dengan lebih akurat. Sehingga kesalahan dalam memutuskan sesuatu bisa diminimalisir.

Laporan tersebut juga bisa dimanfaatkan untuk mengoptimasi jumlah barang dalam industri. Sehingga customer tidak akan komplain karena barang yang mereka butuhkan habis. Jika hal seperti ini terus dilakukan, mereka bisa saja beralih ke industri perusahaan lain yang memiliki pelayanan lebih baik.

Satu hal lagi yang harus diperhatikan oleh pemilik industri bahwa setiap barang itu memiliki masa kadaluarsa yang berpengaruh pada kualitasnya. Sehingga pemilik industri harus tahu kapan barang harus dikeluarkan sebelum masa hidupnya habis dan barang yang masih bisa bertahan di dalam gudang.

Problem seperti ini bisa diatasi dengan software inventory karena pada umumnya di dalam software tersebut terdapat fitur serial number. Fitur ini akan membantu pemilik industri dalam menentukan perputaran barang dengan maksimal. Selain itu jgua bisa memberikan value yang lebih pada customer.

5. Membantu dalam Membuat Keputusan

Pada akhirnya, software manajemen inventory bisa membantu pemilik industri dalam membuat keputusan dengan akurat. Mereka bisa menentukan berapa stok barang yang harus ada di gudang setiap bulannya, produk mana yang paling banyak terjual, membuat estimasi dana yang lebih tepat, dan sebagainya.

Memang tidak bisa dipungkiri bahwa persaingan bisnis di zaman industri 4.0 sangat berkembang pesat. Banyak industri yang sudah meninggalkan cara manual untuk mengelola stok barang dan beralih dengan menggunakan teknologi.

Sebenarnya masih banyak manfaat aplikasi inventory. Untuk mengetahui lebih lengkapnya, pemilik industri tentu saja harus berkonsultasi kepada orang yang lebih berpengalaman dan profesional di bidangnya. Salah satu perusahaan yang bisa digunakan adalah EOS Teknologi.

Sistem IT Inventory, ERP Bea Cukai

Rekomendasi Konsultasi Sistem Inventory Manufaktur di Indonesia

Supaya kita tidak terjebak dalam kesalahan untuk menggunakan sistem Inventory, sebaiknya konsultasi terlebih dahulu kepada orang yang berpengalaman. Salah satunya adalah EOS Teknologi.

EOS Teknologi merupakan perusahaan yang bergerak di bidang Software Development dan IT Solution untuk memenuhi kebutuhan industri, membantu dalam mempermudah operasional kerja harian, dan meningkatkan kualitas dan akurasi data.

Kenapa harus Pakai Sistem EOS Teknologi?

Sistem pintar yang di rancang khusus untuk Industri Manufaktur, sebagai bentuk Investasi jangka panjang yang berkualitas tinggi dengan memenuhi cita-cita para pembisnis Industri di tanah air, yang di syaratkan Industri Kawasan Berikat BEA CUKAI.

Tidak hanya itu, EOS Teknologi memiliki fitur yang bisa dikembangkan dengan teknologi berkualitas, yang mendepankan memudahkan operasional pabrik / industri khususnya Inventory, Produksi, Keuangan, Gudang dan lainnya dengan tingkat akurasi data tepat, aman dan realtime.

Info lengkap: Seputar Pertanyaan Sistem EOS Teknologi Indonesia.

(eos/news)

Post Author: EOS Teknologi