Site Loader
PENAWARAN
pengertian sistem keuangan

Berlangsungnya kehidupan suatu bangsa dan negara sangat bergantung pada sistem keuangan. Jika bisa mengelola sistem keuangan dengan baik, negara tersebut bisa mencapai pertumbuhan ekonomi yang sangat pesat alias ekonomi meroket. Lalu sebenarnya apa itu sistem keuangan?

Sebelum ke penjelasan Sistem Keuangan yang lebih mendetail, alangkah baiknya Anda harus mengetahui terlebih dahulu pengertian dan beberapa fungsi dari sistem keuangan berbagai bisnis yang akan Anda jalankan.

Pengertian Sistem Keuangan

Seperti kami dilansir dari laman resmi Bank Indonesia, sistem keuangan adalah sistem yang terdiri atas lembaga keuangan, pasar keuangan, infrastruktur keuangan, serta perusahaan non keuangan dan rumah tangga yang saling berinteraksi dalam pendanaan dan/atau penyediaan pertumbuhan perekonomian.”

Sistem keuangan pada setiap negara tidak bisa berjalan dengan semestinya karena sangat bergantung pada stabilitas sistem itu sendiri. Stabilitas sistem keuangan yang baik tentu saja akan membuat sistem keuangan nasional bisa berjalan dengan efektif dan efisien serta bisa bertahan terhadap kerentanan internal dan eksternal.

Stabilitas sistem keuangan yang baik tentu saja akan alokasi sumber pendanaan atau pembiayaan bisa memberikan kontribusi terhadap pertumbuhan dan stabilitas sebuah negara.

Stabil atau tidaknya sistem keuangan di dalam sebuah negara tidak bisa dilihat dari faktor-faktor yang menjadi penyebab instabilitas sektor keuangan. Salah satunya adalah kegagalan pasar yang yang disebabkan oleh faktor struktural maupun perilaku.

Faktor lain yang menentukan stabilitas keuangan adalah globalisasi yang didukung dengan perkembangan teknologi. 

Supaya perekonomian  negara bisa memiliki pondasi yang sangat kokoh, sangat penting untuk menjaga stabilitas sistem keuangan. Oleh karena itu perlu dilakukan identifikasi maupun evaluasi sistem keuangan secara berkesinambungan. 

Dengan begitu, negara bisa meminimalisir bahkan mencegah resiko yang sangat membahayakan sistem keuangan. Jika tidak dilakukan identifikasi dan evaluasi, potensi keuangan negara bisa saja memiliki risiko yang meluas dan berdampak pada sistem keuangan negara itu sendiri, bahkan bisa melumpuhkan perekonomian negara.

Seberapa Penting Stabilitas Keuangan untuk Negara?

Sebagai salah satu bagian dari sistem perekonomian, sistem keuangan tentu saja memiliki peranan yang sangat penting untuk negara. Sistem ini akan mengatur berbagai hal yang sangat erat kaitannya dengan aktivitas, produk, dan transaksi keuangan. 

Untuk fungsi sistem keuangan itu sendiri yaitu mengalokasikan dana dari pihak yang sedang mengalami kelebihan dana (surplus) kepada pihak yang tengah mengalami kekurangan dana (defisit). Keduanya perlu dilakukan secara seimbang supaya sistem keuangan bisa tetap berjalan secara efektif dan efisien.

Sistem perbankan menjadi salah satu bagian dari sistem keuangan suatu negara. Di dalam sistem perbankan, lembaga keuangan perbankan akan mengumpulkan dana dari masyarakat yang memiliki dana berlebih melalui produk keuangan yang tersedia seperti tabungan, giro, dan deposito.

Kemudian lembaga perbankan akan menyalurkan dana yang telah terkumpul itu ke masyarakat lain yang tengah membutuhkan melalui pinjaman atau kredit.

Selama sistem keuangan stabil, maka pengaokasian dan penyaluran dana dari pihak surplus ke pihak yang mengalami defisit akan tetap berjalan dengan baik. Tapi jika yang terjadi malah sebaliknya, maka fungsi dari sistem keuangan tidak akan berjalan dengan semestinya, bahkan bisa menghambat pertumbuhan perekonomian negara.

Sistem keuangan yang buruk juga menjadi penyebab timbulnya instabilitas keuangan yang bisa berdampak buruk untuk perekonomian negara. Tidak hanya menghambat pertumbuhan ekonomi saja, bahkan bisa berujung pada terjadinya krisis ekonomi yang bisa menghancurkan ekonomi negara yang sudah dibangun sejak lama.

Krisis ekonomi bukanlah masalah yang bisa dianggap sepele dan setiap negara tentu tak ingin mengalaminya. Untuk mengatasinya perlu energi yang ekstra yang mencakup waktu, tenaga, pikiran untuk menemukan solusi yang tepat. Bahkan juga dibutuhkan biaya yang tak sedikit untuk memulihkan kembali krisis ekonomi.

Disaat suatu negara mengalami krisis ekonomi dan mengalami defisit, maka negara membutuhkan dana yang sangat besar untuk kembali memulihkannya. Keuangan yang tersedia tentu saja tak akan bisa membiayai untuk pemulihan tersebut.

Mau tidak mau negara harus mengajukan pinjaman ke negara lain atau lembaga keuangan internasional. Di satu sisi, langkah ini bisa memulihkan perekonomian negara. Tapi disisi lain kedaulatan ekonomi negara bisa tergadai ke negara lain atau lembaga keuangan internasional yang memberikan pinjaman.

Oleh karena itulah stabilitas sistem keuangan negara itu perlu dijaga dengan baik supaya kedaulatan negara juga bisa sangat baik entah itu secara ekonomi maupun politik. Sehingga otoritas negara memiliki keleluasan untuk menentukan kebijakan ekonomi dan harus pro-rakyat supaya mereka bisa makmur dan sejahtera secara merata.

Rekomendasi Sistem ERP untuk Sistem Keuangan

Stabilitas sistem keuangan tidak hanya berlaku untuk sebuah negara saja, tapi juga untuk sebuah industri perusahaan. Industri perusahaan yang baik tentu saja bisa menjaga sistem keuangan supaya terus stabil. Untuk mempermudah menjalankan fungsi ini, Anda tentu saja membutuhkan sebuah sistem yang terintegrasi.

Salah satu sistem untuk mengatur sistem keuangan perusahaan Anda adalah EOS Teknologi. Anda bisa berkonsultasi secara lebih lengkap sebelum memutuskan untuk menggunakan sistem ERP. Untuk informasi lebih lanjut, Anda bisa langsung menghubungi kami melalui halaman kontak.

Post Author: EOSHIT