Site Loader
Get a Quote
Software House

Saat ini bisnis sudah semakin  berkembang sesuai dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat, terlebih sekarang sudah banyak sudah yang mengaitkannya dengan software development yang berfungsi untuk mempermudah proses bisnis berbagai industri yang di jalankan. Salah satunya adalah Software House yang sangat berperan penting untuk bisnis di masa-masa saat ini.

Apa itu Software House ?

Software house adalah suatu perusahaan yang bergelut di bidang pengembangan aplikasi (software development). Aplikasi tersebut bisa dijalankan kembangkan baik itu oleh pelaku individu ataupun suatu kelompok seperti sebuah perusahaan berbadan hukum.

Tujuan utama dari software house ini yaitu membuat aplikasi yang diinginkan oleh client atau biasanya kita sebut Customize. Client tersebut bisa berasal dari berbagai pemilik perusahaan berskala kecil hingga besar.

Untuk bekerja di dalam sebuah perusahaan software house pun, tentu harus memiliki kemampuan khusus di bidang IT (Information Technology). Setidaknya di dalamnya harus terdapat seorang IT Agency atau IT Specialist yang sudah expert dalam urusan pengembangan aplikasi.

Perusahaan besar yang kini sudah maju seperti: Microsoft, Apple Inc, Google Inc, dan Oracle Corporation merupakan contoh nyata dari perusahaan software house.

Layanan Perusahaan Software House

Apa saja layanan yang diberikan oleh perusahaan software house? Dan berikut beberapa layanan yang mereka sediakan pada umumnya adalah sebagai berikut:

1. Pembuatan Aplikasi Berbasis Web

Software house akan memberikan layanan pembuatan aplikasi yang berbasis pada website dan desainnya. Dengan begitu mereka harus memiliki kemampuan bahasa pemrograman yang sangat baik dalam pembuatan website.

Salah satu contoh dari layanan ini adalah pembuatan E-Learning dan website sekolah atau kampus.

2. Pembuatan Aplikasi Berbasis Mobile

Seiring dengan berkembangnya zaman, pengguna smartphone semakin meningkat. Hal ini tidak lepas dari banyaknya aplikasi yang sangat bermanfaat di dalamnya. Para pengguna smartphone akan lebih mudah dalam melakukan berbagai hal mulai dari main game, belanja online, dan sebagainya.

Pembuatan berbagai aplikasi tersebut salah satunya dibuat oleh perusahaan software house.

3. Pembuatan Aplikasi Berbasis Desktop

Pembuatan aplikasi berbasis Desktop merupakan layanan yang paling populer untuk perusahaan software house. Pembuatan aplikasi ini biasanya menggunakan bahasa pemrograman yang tengah populer di Indonesia. Beberapa diantaranya yaitu VB.Net, Visual Basic, Java, dan Delphi.

4. Layanan Desain Grafis

Biasanya software house juga akan menawarkan layanan desain grafis. Sebab saat ini banyak industri perusahaan yang membutuhkan jasa tersebut seperti logo. Logo merupakan hal yang sangat wajib dimiliki oleh sebuah industri perusahaan supaya bisa dikenal oleh banyak orang atau branding.

5. Layanan Multimedia

Selain menawarkan jasa desain, software house juga akan menawarkan jasa pembuatan multimedia, salah satunya pembuatan animasi. Multimedia merupakan aspek yang sangat penting dimiliki oleh sebuah industri perusahaan, salah satunya untuk kebutuhan beriklan.

Baca juga: 10 Aplikasi ERP Terbaik 2020 yang Banyak Digunakan

Struktur Software House

Karakteristik yang dimiliki oleh satu perusahaan software house dengan perusahaan lainnya memang tidak sama, tapi jika ditinjau dari struktur dalam pengerjaan software biasanya sama. Struktur tersebut diantaranya sebagai berikut:

1. Programmer

Programmer wajib dimiliki oleh setiap perusahaan software house karena merekalah yang akan membuat software. Mereka akan melakukan build program yang sesuai dengan instruksi yang diberikan oleh System Analyst.

2. Project Manager

Seorang Project Manager memiliki kontrol penuh atas proyek yang sedang dikerjakan oleh software house. Mereka memiliki tanggung jawab atas proyek yang dikerjakan oleh programmer, System Analyst, Product Owner, hingga Tester.

3. System Analyst

Tugas dari seorang System Analyst yaitu menganalisa kebutuhan pada aplikasi yang akan dibuat oleh programmer dengan memberikan solusi terbaik dengan menjadi adanya system menjadi lebih efisien dan praktis.

Analyst pun akan melakukan analisis berbagai lini baik dari pengembangan atau dari sisi client.

4. Product Owner

Seseorang yang menjembatani programmer dengan client adalah Product Owner. Dengan begitu, seorang product owner harus memiliki kemampuan komunikasi yang baik, sebab mereka akan berkomunikasi langsung dengan client sekaligus programmer yang saling interaksi untuk menyelesaikan solusi terbaik.

5. Tester

Software yang dibuat oleh programmer nantinya akan diuji oleh seorang tester, yang dimana dalam pengujian akan diuji berdasarkan standard operasi system dari masing-masing instansi Software House.

Pengujian Softawre ini hukumya sangat wajib dilakukan, tujuan utamanya yaitu untuk menghindari sesuatu yang tidak diinginkan seperti bug, crash, error, dan force close.

Artinya pengujian oleh seorang tester harus detail dan harus sempurna sebelum system yang dibuat diserahkan ke client atau demo.

Rekomendasi Software House Terpercaya di Indonesia

Salah satu software house Jakarta yang sudah terpercaya adalah EOS Teknologi. EOS Teknologi merupakan perusahaan yang bergerak di bidang software development dan IT Solution, dengan adanya EOS pelaku bisnis industri Manufaktur di Indonesia akan sangat terbantu dan memudahkan operasional kerja beserta meningkatkan akurasi data sebagai acuan untuk laporan dengan quantitas banyak.

Sistem IT Inventory, ERP Bea Cukai

Itulah sekilas tentang software house yang harus diketahui oleh para pemilik industri perusahaan Indonesia. Anda bisa berkonsultasi lebih mendetail melalui website software house EOS Teknologi pada halaman contact.

(eos/news)

Post Author: EOSHIT