Site Loader
Get a Quote
5 Fungsi Aplikasi Inventory untuk Perusahaan Industri

Sampai saat ini mungkin Anda masih mengelola stok barang secara manual dan belum terhubung dengan aplikasi terintegrasi. Padahal saat ini sebuah perusahaan harus memiliki aplikasi Inventory yang bisa diakses oleh pihak bea cukai wilayah maupun pusat. Karena banyak sekali fungsi aplikasi Inventory untuk perusahaan Anda.

Aplikasi IT Inventory akan membuat informasi secara lengkap untuk perusahaan Anda mulai dari tracking pembelian, ketersediaan barang, dan penjualan. Dengan adanya software akan buat  perusahaan Anda memiliki proses inventory yang sangat efektif.

Fungsi Aplikasi Inventory untuk Perusahaan Industri

Inventory untuk Perusahaan Industri
Illustrasi Aplikasi Inventory untuk Perusahaan Industri – foto: Antara

Ada beberapa fungsi manajemen inventory yang harus Anda ketahui sebelum memutuskan untuk menggunakannya. Berikut ini adalah beberapa fungsi yang akan Anda dapatkan.

1. Inventory Control

Sebuah perusahaan yang baik tentu saja harus bisa mengelola dan menjaga keseimbangan stok barang. Karena tanpa ada manajemen barang yang baik, perusahaan Anda tidak akan berjalan dengan semestinya. 

Jika perusahaan Anda memiliki terlalu sedikit stok, maka akan kehabisan stok dalam waktu sebentar. Pelanggan Anda juga akan kecewa karena barang yang mereka butuhkan tidak tersedia dan beralih untuk memilih produsen yang lain. Hal ini juga bisa berakibat sangat fatal karena perusahaan Anda akan mengalami kerugian.

Oleh sebab itu Anda membutuhkan software inventory terbaik supaya bisa melacak ketersediaan barang yang rendah. Sistem Inventory juga akan membantu mengatur pemesanan ulang otomatis untuk setiap produk yang dimiliki oleh perusahaan Anda.

2. Manajemen Inventory Sederhana

Mengelola ketersediaan saja secara manual tentu saja tidak akan efektif dan efisien. Meskipun Anda memiliki karyawan yang sangat piawai di bidangnya, tapi tetap efektif karena mereka memiliki kemampuan yang juga terbatas. Anda membutuhkan software Inventory supaya manajemennya bisa berjalan dengan lebih mudah dan efisien.

Anda juga bisa menghemat waktu dan budget jika menggunakan aplikasi inventory terbaik. Proses penerimaan, purchase order, transfer, ingga return bisa dikelola dengan cepat dan akurat. Hasilnya tentu saja akan membuat Anda bisa mengambil keputusan dengan lebih cepat dan rasional.

3. Menyeimbangkan Supply dan Demand

Supaya perusahaan bisa berkembang, Anda tentu saja harus bisa melakukan analisis. Anda tidak bisa menganalisis jika tidak memiliki data yang akurat. Nah jika Anda memiliki software IT Inventory, Anda akan memiliki data yang sangat akurat.

Anda bisa menyesuaikan data tersebut dengan kebutuhan pasar yang berdasarkan pada penjualan dan stok barang yang tersedia atau SOQ (Suggested Order Quantity). Ini adalah fitur yang biasanya tersedia dalam aplikasi IT Inventory.

4. Pelacakan Serial Number

Fungsi aplikasi Inventory yang lainnya yaitu untuk melakukan pelacakan serial number. Software manajemen Inventory yang baik tentu saja bisa mengelola jumlah Serial number yang tidak terbatas. Software akan melacaknya sejak Inventory diterima hingga waktu ketika dikeluarkan.

5. Laporan Inventory

Software Inventory akan menghasilkan laporan secara otomatis. Laporan tersebut baik berupa persediaan barang terkini, minimum stok, slow moving stock, hingga perkiraan atau forecasting.

Dari laporan tersebut Anda bisa melakukan identifikasi Service Rate baik itu secra invernal maupun internal (supplier). Service Rate ini akan membantu Anda jika ingin membuka gudang regional yang paling dekat dengan konsumen Anda.

Dengan begitu pengiriman barang dari perusahaan ke konsumen akan menjadi lebih efektif. Anda juga juga bisa meningkatkan pelayanan dari perusahaan Anda. Nah, informasi layanan tersebut bisa Anda dapatkan dari aplikasi Inventory.

Software IT Inventory Kawasan Berikat
Software Industry Kawasan Berikat – EOS Teknologi

EOS Teknologi menjadi perusahaan Sistem ERP asal Indonesia yang patut untuk di ancungi jempol yang tidak kalah dengan brands ternama dengan memiliki sistem / aplikasi Inventory yang handal.

Jika ada tertarik menggunakannya, silahkan kunjungi kontak kami untuk info lebih lengkanya.

(eos/news)

Post Author: EOS Teknologi