Site Loader
PENAWARAN
manfaat ppic

Sebagian besar fungsi planning di dalam perusahaan, terutama perusahaan manufaktur dijalankan oleh PPIC. Sehingga departemen ini juga memiliki peranan yang cukup penting untuk manajemen inventory mulai dari bahan baku hingga jadi. Oleh sebab itu, manfaat PPIC juga cukup beragam.

Beberapa manfaat dari PPIC ini adalah untuk investasi aset perusahaan, mengurangi pengeluaran dana hingga meningkatkan Return On Asset (ROA) dari perusahaan. Untuk lebih jelasnya, Anda bisa melihat ulasannya di bawah ini:

1. Memastikan Nilai Investasi Aset

Perusahaan yang yang sudah memiliki planning produksi dan kontrol inventory yang baik, maka perusahaan tersebut bisa dengan mudah untuk mengidentifikasi kapasitas produksi. Hal itu juga akan menyebabkan perusahaan bisa menentukan kapasitas investasi dengan sangat tepat.

Investasi yang dimaksud adalah segala hal yang berhubungan dengan proses produksi dari bahan baku menjadi produk. Tugas tersebut nantinya akan diperankan oleh PPIC. Sehingga keberadaan perlengkapan perusahaan tidak akan tersimpan begitu saja dan bisa digunakan secara maksimal.

2. Mengurangi Waktu Idle

Perusahaan akan mengalami keterlambatan produksi ketika terdapat hambatan dalam alur penyediaan dan palin bahan baku. Dengan adanya PPIC, keterlambatan proses produksi bisa dikurangi. Bahkan perusahaan akan tetap siap siaga jika ada hambatan yang terjadi di dalam proses produksi.

3. Meningkatkan Customer Service

PPIC akan akan memastikan bahwa jadwal proses produksi bisa berjalan dengan efektif. Sehingga perusahaan akan akan selalu on-time dalam pengiriman barang ke pihak konsumen. Hal ini tentu saja sangat berguna untuk mengurangi komplain dari konsumen, bahkan mereka bisa puas dengan pelayanan perusahaan.

Secara tidak langsung peran PPIC akan memberikan dampak yang sangat baik untuk perusahaan. Karena citra perusahaan dimata konsumen akan terlihat baik. Konsumen juga akan loyal terhadap perusahaan yang selalu memberikan pelayanan terbaik.

4. Meningkatkan ROA

PPIC bisa menentukan kapasitas produksi dengan pasti, sehingga secara tidak langsung juga akan meningkatkan ROA perusahaan. Mereka bisa menemukan cara terbaik untuk memanfaatkan semua peralatan  yang ada di dalam perusahaan secara optimal.

Mesin yang digunakan untuk produksi juga tidak akan terkena overused karena telah direncanakan dengan baik oleh PPIC. Aset perusahaan yang digunakan untuk keperluan untuk produksi akan bekerja dengan lebih efektif. Bahkan bisa menghasilkan produk yang sesuai dengan yang diharapkan.

5. Mengurangi Biaya Pegawai

PPIC bisa merencanakan proses produksi dengan sangat matang, termasuk dalam hal pemilihan bahan baku, investasi teknologi yang cocok,  hingga menemukan cara terbaik supaya produksi bisa berjalan dengan optimal. Hal ini juga akan membantu perusahaan dalam mengurangi ongkos tenaga kerja.

Karena perlu diketahui bahwa ongkos tenaga kerja ini akan membuat membuat dampak yang cukup besar jika tidak direncanakan dengan baik. PPIC akan memastikan bahwa ongkos kirim yang diperlukan menjadi lebih kecil, tapi produksi yang dihasilkan tetap lebih besar.

Tugas Manajer dan Staf PPIC

Staf dan manajer dalam departemen PPIC memiliki peranan yang berbeda-beda sesuai dengan jabatannya. Manajer PPIC memiliki tugas yang menyeluruh dan keputusan yang dia ambil akan mempengaruhi tugas yang dilakukan oleh staff PPIC itu sendiri.

Sementara untuk staff memiliki pekerjaan yang lebih spesifika lagi, misalnya adalah job aktivitas. Tapi setiap perusahaan memiliki kebijakan masing-masing mengenai job description yang akan diberikan kepada manajer dan staff PPIC. Tapi tugas utaamnya adalah paling proses produksi dengan lebih baik.

Tugas utaam dari divisi PPIC bisa dlihat disini: Pengertian PPIC dan Tugasnya Di Perusahaan

Peran PPIC ini akan berjalan lebih efektif lagi jika sudah menggunakan sistem yang sudah terintegrasi yang disebut sistem EOS. Jadwal proses produksi bisa berjalan secara otomatis. Bahkan persiapan bahan baku bisa berjalan dengan lebih efisien.

sistem juga akanmemberikan peringatan jika stock barang sudah hampir habis, sehingga akan terhindar dari kehabisan stok. Tidak hanya itu, sistem juga akan memberitahukan jika waktu pemeliharaan mesin produksi sudah saatnya dilakukan.

Salah satu perusahaan yang menyediakan sistem EOS untuk PPIC adalah EOS Teknologi. Untuk informasi lebih jelasnya Anda bisa berkonsultasi dengan lebih lengkap. Informasih lebih lanjut bisa menghubungi kami melalui halaman kontak.

sistem erp - it inventory

Itulah manfaat PPIC untuk perusahaan. Perananannya akan benar-benar signifikan untuk perusahaan manufaktur. Karena perusahaan tersebut harus melakukan produksi barang baku menjadi barang jadi sebelum akhirnya dikirimkan kepada konsumen.

(eos/new)

Post Author: EOS Teknologi