Site Loader
Get a Quote
Tips bisnis Ekspor Impor

Dalam beberapa tahun ke belakang ini, bisnis ekspor impor berkembang dengan pesat. Hal ini beriringan dengan majunya era teknologi, sehingga banyak para pebisnis yang berminat menjalankan bisnis tersebut. Bahkan sekarang bisnis ini juga bisa diikuti oleh pengusaha kecil hingga menengah.

Tapi bukan berarti bisnis ekspor impor ini sangat mudah untuk dijalani meskipun sudah berkembangnya era digital. Karena tidak sedikit juga pengusaha yang gulung tikar karena tidak bisa mengimbangi gejolak politik pasar internasional. Tapi Anda jangan khawatir karena Anda bisa meminimalisir dengan mengetahui caranya.

Tips Bisnis Ekspor Impor Supaya Berkembang

Selain harus tahu cara ekspor barang, Anda juga harus tahu cara lainnya seputar bisnis ekspor impor. Simak ulasan lengkapnya di bawah:

1. Ketahui Budaya Negara Lain

Sebelumnya Anda harus terlebih dahulu kebudayaan yang ada di negara customers. Hal ini akan mempermudah Anda dalam menjalin kerja sama dengan mereka untuk jangka panjang. Kerja sama yang lama tentu saja akan membuat bisnis Anda juga bisa bertahan lama.

Misalnya jika customers Anda berasal dari negara Jepang. Maka hindari bersalaman ketika pertama kali bertemu atau ketika pertemuan selesai. Anda hanya perlu membungkukkan tubuh dan saling bertukar kartu nama dengan mereka saja sudah cukup.

Hindari juga kontak mata karena masyarakat disana hal ini akan menimbulkan kesan tidak sopan dan agresif. Jadi, mengetahui kebudayaan negara customers perlu Anda lakukan supaya tidak terjadi kesalahpahaman, terutama jika mengenai tata krama.

2. Ketahui Jam Global

Perlu Anda ketahui bahwa jam di Indonesia dan negara lain itu berbeda. Ketika di Indonesia Anda sedang istirahat, bisa saja customers Anda di luar negeri baru saja memulai aktivitas. Tapi hal ini tidak membuat Anda harus bekerja selama 24 jam penuh, Anda hanya perlu strategi khusus untuk menangani customers dari luar.

Anda tetap bisa menjalankan bisnis sambil mengelola workflow Anda di Cloud Server. Misalnya dengan menggunakan aplikasi manajemen Inventory yang terhubung dengan cloud server. Selain itu Anda juga bisa memanfaatkan software supply chain management untuk mempermudah proses pelacakan pengiriman barang.

Kemudian gunakan juga platform chatting yang sesuai dan umum digunakan di negara customers Anda. Jika customers Anda berasal dari China gunakan WeChat, jika dari Amerika Serikat gunakan Facebook Messenger.

Cara seperti ini akan mempermudah Anda dalam berkomunikasi dengan customers Anda di negara lain. Hindari cara tradisional dengan menggunakan mengirim email atau fax karena aplikasi chat tersebut juga sudah didukung dengan pengiriman file video, gambar, dan audio. Bahkan Anda juga bisa dengan melakukan video call.

3. Jangan Bertransaksi Dengan Dolar Saja

Selain akan berurusan dengan jam global, Anda juga akan berurusan dengan mata uang asing ketika akan terjun ke dalam bisnis ekspor impor. Bahkan Anda tidak harus terpaku pada satu mata uang saja yaitu dollar sebagai mata uang global.

Berilah kelonggaran terhadap customers Anda supaya bisa bertransaksi dengan mata uang negaranya sendiri. Tapi untuk bisa mewujudkan hal seperti itu tidaklah mudah, apalagi jika bisnisnya masih berjalan secara manual. Misalnya masih menggunakan spreadsheet atau dokumen dalam bentuk fisik atau kertas.

Untuk mempermudahnya, Anda bisa menggunakan sebuah software memliki fitur multi-currencies. Fitur ini akan mempermudah Anda dalam transaksi dengan pelanggan meskipun dengan mata uang yang beragam. 

4. Efisienkan Operasional Kerja

Perbedaan jam kerja, budaya, dan mata uang memaksa para pelaku bisnis ekspor impor bekerja dengan efisien. Karena mereka harus bisa memproses barang dengan segera. Apalagi jika pekerjaan dalam bisnis masih dikerjakan secara manual.

Supaya proses bisnis ekspor impor  bisa bekerja dengan efisien, Anda harus segera beralih dengan menggunakan sistem yang terotomatisasi. Jadi tugas dari karyawan hanya berfokus pada strategi pengembangan bisnis saja. Selebihnya tinggal Anda serahkan kepada sistem atau aplikasi yang sudah terkustomisasi.

Secara teori tips di atas memang sangat mudah untuk dijalankan. Tapi untuk menentukan software terbaik untuk mengefisienkan bisnis Anda tidaklah mudah. Karena Anda harus tahu terlebih dahulu software seperti apa yang akan digunakan sehingga bisa menunjang bisnis yang Anda jalankan.

Naik Level Grade A, serahkan solusinya kepada EOS Teknologi!

Sistem IT Inventory, ERP Bea Cukai

Anda bisa berkonsultasi lebih mendetail melalui website software house EOS Teknologi pada halaman contact.

(eos/news)

Post Author: EOS Teknologi