Site Loader
Get a Quote
cara produksi manufaktur

Saat ini kasus COVID-19 semakin bertambah dan entah sampai kapan pandemi ini berakhir. Hampir semua wilayah memberlakukan kerja di rumah atau Work From Home (WFH) sebagaimana anjuran dari pemerintah. Sehingga Anda juga harus tahu cara produksi manufaktur yang aman di tengah pandemi Virus Corona.

Menjalankan prosedur kerja di rumah untuk industri manufaktur memang sulit untuk dilakukan. Tapi bagaimanapun produksi harus tetap dijalankan karena sebagian besar industri memerlukan mesin dan peralatan yang harus dioperasikan secara langsung.

Hal ini menjadi tantangan baru  bagi para pebisnis supaya produksi tetap berjalan di tengah pandemi COVID-19 terus berjalan. Para pekerja harus tetap bekerja sesuai prosedur tanpa harus tertular virus mematikan tersebut. Nah, di bawah ini beberapa tips dari EOS Teknologi:

Cara Aman Produksi Industri Manufaktur saat Pandemi Covid-19

Cara Aman Produksi Industri Manufaktur saat Pandemi Covid-19, pasardana.id

1. Perhatikan Kesehatan Karyawan

Karyawan adalah aset terpenting untuk sebuah perusahaan, oleh sebab itu kesehatan mereka juga perlu diperhatikan. Anda bisa melakukan cek suhu secara rutin setiap hari dan mengistirahatkan para karyawan yang rentan terhadap penularan virus corona.

Berilah instruksi kepada mereka jika ada merasa yang tidak sehat segera melapor. Dengan begitu, Anda tetap bisa mengontrol penularan COVID-19. Dalam hal ini, Anda harus memberi penegasan kepada karyawan untuk selalu jujur jika kesehatan mereka sudah terganggu.

Kemudian sediakan juga masker yang bersih setiap hari dan doronglah karyawan Anda untuk selalu mencuci tangan atau membersihkannya dengan hand sanitizer. Supaya mereka tidak makan keluar yang harus terlibat kerumunan, Anda bisa menyediakan makan siang untuk mereka.

Baca juga: Mengenal Lebih Dekat Apa Itu Industri Manufaktur?

2. Minimalisir Jadwal Operasi

Jika situasi dan kondisinya sedang pandemi, biasanya permintaan konsumen juga akan menurun. Anda bisa mengurangi jadwal produksi mereka tapi dengan catatan tetap harus ada kesepakatan bersama antara pemimpin perusahaan dan karyawan. Terlebih jika nantinya akan ada potongan upah kerja untuk mereka.

3. Perbanyak Jadwal Shift

Jika permintaan konsumen masih tetap banyak Anda tentu saja juga tidak mengurangi jam kerja. Tapi karena situasinya sedang pandemi, Anda tetap harus bisa melakukannya supaya penularan virus tidak menyebar. Sebagai jalan tengahnya, Anda bisa memperbanyak jadwal shift.

Sebelum memberlakukannya, Anda tetap harus dibicarakan terlebih dahulu dengan karyawan. Karena hal ini juga menjadi salah satu langkah untuk melakukan Physical distancing. Dengan memperbanyak shift, setiap karyawan akan bekerja di waktu yang berbeda-beda dan bekerja di dalam ruangan yang sama juga berkurang.

4. Physical Distancing

Sebagai pemilik perusahaan, Anda tentu saja harus memberlakukan pembatasan fisik atau physical distancing untuk karyawan. Anda harus membatasi kapasitas orang dalam suatu ruangan tertentu.

Setiap orang harus memiliki jarak interaksi yang cukup jauh, salah satu caranya yaitu dengan menerapkan physical distancing.

5. Otomatisasi Perencanaan Produksi

Untuk mengurangi penularan COVID-19, Anda harus segera beralih dari perencanaan produksi secara manual. Dalam situasi pandemi sekarang ini, Anda harus bergantung pada perencanaan produksi otomatis. Tidak hanya bergantung kepada hardware, tapi juga software yang bisa melakukan otomatisasi.

Dengan menggunakan aplikasi manufaktur yang terotomatisasi, Anda bisa mengurangi jumlah tenaga manusia. Hal ini tentu saja sangat efektif untuk mengurangi resiko penularan virus corona karena proses produksi dijalankan oleh software dan hardware, tanpa banyak menggunakan manusia.

Untuk merealisasikannya, Anda bisa menggunakan aplikasi manufaktur dari EOS Teknologi. Aplikasi ini akan membuat Anda semakin mudah dalam mengatur jadwal produksi, pengelolaan rute kerja, mengatur sumber daya, dan memonitor bahan baku dan bahan sedang proses.

Bahkan sistem manufaktur dari EOS ini bisa membuat efektivitas mesin dan peralatan pabrik menjadi lebih besar. Bahkan seluruh proses tersebut bisa Anda pantau secara real time dengan mengakses sistem  yang berbasis web.

Baca juga: 5 Karakteristik Perusahaan Manufaktur

Naik Level? Serahkan solusinya Pada EOS Teknologi!

IT Solution

Anda bisa berkonsultasi lebih mendetail melalui website software house EOS Teknologi pada halaman contact.

(eos/news)

Post Author: EOS Teknologi