Site Loader
Get a Quote
7+ Jenis Industri Cocok untuk Sistem ERP

Hampir semua industri perusahaan sudah harus menggunakan sistem ERP untuk membantu proses bisnis mereka. Tidak hanya industri perusahaan besar, tapi bisnis UKM juga sudah harus mulai berinvestasi untuk menggunakan sistem ERP. Apalagi jika mereka ingin fokus pada perkembangan bisnisnya.

Banyak sekali jenis industri yang sangat cocok menggunakan sistem ERP mulai dari industri medis hingga makanan. Berikut ini adalah beberapa industri jenis bisnis yang sangat cocok menggunakan sistem ERP.

Jenis Industri Cocok untuk Sistem ERP

Ada beberapa industri yang memndukung sistem ERP, salah satunya sebagai berikut:

1. Industri Medis

Industri kesehatan bisa dibantu dengan sistem ERP mulai dari regulasi hingga biaya administrasi. Anda akan lebih mudah dalam melakukan penggajian tenaga medis, perawatan pasien, kontrol persediaan obat, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Sistem ERP ini juga bisa membantu Anda dalam membuka praktik swasta yang masih berkembang. Rumah sakit seperti ini tentu saja membutuhkan bantuan operasional yang cukup besar. Sebab banyak sekali proses kerja yang harus diorganisir dengan baik.

2. Industri Konstruksi

Banyak sekali pekerjaan yang akan Anda lakukan ketika memiliki usaha di bidang konstruksi. Misalnya Anda membuka bisnis tentang perdagangan khusus atau penyewaan alat penyewaan alat konstruksi, maka banyak proses kerja yang harus dikerjakan seperti pengendalian biaya, tenggat waktu, hingga inventaris berharga.

Nah Sistem ERP akan membantu perusahaan konstruksi dalam memangkas operasi dengan alur kerja yang terkustomisasi. Bahkan Anda juga bisa menggunakan sistem manajemen inventaris untuk masalah stok barang. Sementara Anda bisa fokus pada pekerjaan karyawan dan administrasi supaya perusahaan bisa berkembang.

3. Industri Mesin, Elektronik dan Otomotif

Anda akan lebih mudah melakukan pekerjaan jika menggunakan sistem ERP mulai dari fungsi manufaktur, penjualan, laporan persediaan barang, hingga keuangan. Bahkan industri akan semakin meningkat karena bisa melakukan operasi kerja yang terotomatisasi mulai dari manajemen produksi, hingga manajemen inventory.

4. Industri Pakaian

Industri retail seperti pakaian juga akan terbantu jika menggunakan sistem ERP. Karena Anda akan lagi mengalami kehabisan stok pakaian yang akan membuat customers Anda kecewa. Jika masalah ini sering terjadi, customers Akan beralih ke toko ritel pakaian yang lainnya.

Tidak hanya akan membantu Anda dalam mengelola stok barang, sistem ERP juga akan membantu Anda dalam manajemen keuangan. Terutama pekerjaan seorang kasir akan terbantu dengan sistem ERP dalam melakukan interaksi dengan customers.

5. Industri Makanan

Makanan merupakan kebutuhan primer manusia, dan memiliki prospek yang cerah jika Anda akan terjun ke dalam bisnis ini. Tapi untuk membuat makanan yang sehat untuk customers tentu bukanlah pekerjaan yang sangat mudah. Sebab makanan tersebut juga harus diuji terlebih dahulu sebelum akhirnya dijual ke pasar.

Jika Anda memiliki industri makanan sistem ERP harus segera Anda miliki. Salah satunya bisa membantu bisnis Anda dalam melakukan pengecekan tanggal kadaluarsa makanan. Sistem ini akan membantu Anda untuk memberi peringatan ketika sudah tiba tanggal expires tiba.

6. Industri Susu

Anda yang sudah bergerak di bidang industri susu juga harus segera memiliki sistem ERP. Karena susu merupakan bahan dasar yang nantinya bisa diolah menjadi produk lainnya. Dengan begitu Anda harus selalu menyediakan bahan dasar ini dengan jumlah yang cukup besar.

Tapi Anda tetap harus melakukan kontrol karena harus disesuaikan dengan permintaan pelanggan Anda. Terlebih Anda juga harus memperhatikan tanggal kadaluarsa bahan tersebut. Oleh sebab itu memiliki sistem ERP merupakan sebuah keharusan.

7. Industri Karet

Industri karet memiliki prospek yang sangat cerah di Indonesia karena termasuk salah satu komoditi industri hasil tanaman tropis terbesar. Bahkan bisa mendukung perekonomian nasional. Hal ini juga didukung dengan lahan perkebunan karet di Indonesia sangat luas.

Karet yang sudah diolah bisa diekspor ke luar negeri dengan nilai jual yang cukup tinggi. Nah untuk mempermudah Bea Cukai dalam melakukan pengecekkan barang, Anda tentu saja membutuhkan sistem ERP yang terintegrasi dengan sistem Inventory.

8. Industri Plastik

Produk plastik menjadi andalan yang mendukung berbagai aktivitas di Indonesia dan akan terus berkembang karena semakin tingginya permintaan produk plastik. Dengan begitu industri perusahaan ini membutuh sistem ERP yang bisa membantu proses kerja mulai dari proses pengelolaan produk hingga memberikannya ke pelanggan.

Baca juga: 5+ Tips Memilih Modul ERP yang Sesuai Industri Perusahaan

Itulah beberapa jenis industri yang sangat membutuhkan sistem ERP. Untuk menggunakan sistem ERP Anda memerlukan pertimbangan yang matang. Sebab Anda membutuhkan biaya yang tidak sedikit jika ingin menggunakannya.

Oleh sebab itu Anda sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk menggunakan sistem ERP. Salah satunya Anda bisa berkonsultasi dengan EOS Teknologi yang sudah berpengalaman di bidang software development termasuk sistem ERP.

Naik Level?

Menaikan level sistem atau mengembangkan sistem tidak semudah apa yang dibayangkan dan para profesional pun harus memberikan solusi tepat dalam sistem yang di kembangkan.

Ada banyak vendor atau para profesional yang handal di luar sana, tapi tidak semuanya sesuai yang Anda cari. Salah satunya EOS Teknologi yang menjadi vendor yang handal yang tepat memberikan solusi terbaik bisnis Anda.

Software IT Inventory Kawasan Berikat
Software Industry Kawasan Berikat – EOS Teknologi

EOS Teknologi menjadi perusahaan Sistem ERP asal Indonesia yang patut untuk di ancungi jempol yang tidak kalah dengan brands ternama dengan memiliki sistem / aplikasi Inventory yang handal.

Jika ada tertarik menggunakannya, silahkan kunjungi kontak kami untuk info lebih lengkanya.

(eos/news)

Post Author: EOS Teknologi