Site Loader
PENAWARAN
Cara Memilih Software Pabrik

Memilih software pabrik terbaik yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan tentu saja memiliki tantangan tersendiri. Karena banyak berbagai aspek yang harus dipertimbangkan oleh Anda selaku pemilik perusahaan. Jika tidak hati-hati, bisa saja software yang Anda beli bisa menimbulkan dampak yang buruk untuk perusahaan.

Kehadiran aplikasi tentu saja akan memberikan dampak yang sangat baik bagi perusahaan. Proses pekerjaan bisa lebih cepat dan perusahaan Anda juga bisa mendapatkan keuntungan yang lebih besar. Berikut ini adalah beberapa tips memilih software terbaik yang bisa Anda terapkan.

1. Fitur Lengkap

Hal pertama yang harus dipertimbangkan sebelum memilih software adalah menentukan terlebih dahulu kebutuhan bisnis Anda. Karena kebutuhan bisnis untuk perusahaan skala kecil tentu saja berbeda dengan perusahaan besar. 

Untuk perusahaan besar, software yang digunakan harus bisa melakukan pekerjaan yang kompleks. Anda juga bisa mempertimbangkan sisi finansial apakah apakah sesuai dengan software yang ditawarkan. Luangkan waktu sejenak untuk menganalisis kebutuhan perusahaan Anda.

2. Keamanan Data

Tak sedikit perusahaan yang lebih memilih aplikasi atau software yang berbasis offlane karena ragu akan keamanan data perusahaan mereka. Padahal saat ini sudah zamannya menggunakan software online yang dinilai lebih fleksibel. Karena semua data bisa diakses dimanapun dan kapanpun.

Anda sebenarnya tidak perlu khawatir dengan keamanan datanya karena perusahaan software sudah menjamin keamanan data perusahaan. Data Anda akan tersimpan dengan aman, terlindungi, dan tidak sembarang orang bisa mengaksesnya.

Sebelum itu, Anda bisa berkonsultasi dengan pihak penyedia software terlebih dahulu. Salah satunya adalah perihal keamanan data. Anda jangan tergiur dengan software pabrik gratis atau software manufaktur gratis yang tersebar di internet.

3. User Friendly

Sebagai seorang pemangku perusahaan Anda tentu saja tidak bekerja seorang diri untuk mengerjakan berbagai hal. Setelah Anda memiliki software, sebagian besar akan digunakan oleh staff. Dengan begitu, software yang dibuat tidak hanya mudah diakses oleh Anda semata tapi juga oleh bawahan Anda.

Oleh sebab itu software yang dibuat harus user friendly atau bisa digunakan oleh semua orang. Software yang user friendly biasanya memiliki user interface yang lebih sederhana supaya lebih mudah dimengerti. Semakin user friendly, semakin mudah pula software digunakan.

Software yang user friendly akan membuat Anda tak perlu mengeluarkan budget yang besar untuk memberikan  biaya pelatihan kepada karyawan. Terlebih tujuan perusahaan Anda juga akan mudah tercapai dalam waktu singkat.

4. Sistem Terintegrasi

Untuk perusahaan berskala besar, tentu saja proses pekerjaannya akan sangat kompleks. Sehingga akan kesulitan jika Anda menggunakan software yang tidak terintegrasi dengan software lainnya. Misalnya software akunting harus terintegrasi dengan perpajakan.

Dengan menggunakan software yang terintegrasi, komunikasi antar bidang perusahaan akan menjadi lebih mudah. Proses kerja juga akan berjalan dengan lebih cepat. Sehingga para pekerja  bisa lebih fokus untuk bekerja sesuai dengan bidang mereka masing-masing.

5. Bisa Diakses dengan Mudah

Selain user friendly, software yang digunakan harus bisa diakses dengan mudah dimanapun dan kapanpun. Anda tidak perlu datang ke kantor untuk membuka software. Sekarang ini tengah populer software yang berbasis cloud, sehingga bisa diakses kapanpun dan dimanapun.

Untuk bisa mengaksesnya Anda hanya memerlukan koneksi internet, gadget, atau laptop. Hal ini tentu saja akan membuat Anda lebih mudah untuk mengetahui kondisi perusahaan. Misalnya ingin mengetahui kondisi keuangan perusahaan dengan menggunakan aplikasi sistem keuangan.

6. Kustomisasi Sesuai Kebutuhan

Software yang digunakan juga harus bisa dikostumisasi sesuai dengan kebutuhan perusahaan Anda. Hal ini sangat dibutuhkan karena dunia itu terus bergerak dan harus bisa menyesuaikan dengan kondisi yang tengah terjadi. Hal ini juga bisa berdampak pada software yang digunakan.

Software yang bisa dikostumisasi biasanya memiliki fitur yang sangat lengkap. Mungkin akan ada beberapa fitur yang tidak bisa Anda gunakan sekarang, tapi sangat berguna di masa mendatang. Sebelum memilih software, perhatikan juga apakah bisa dikostumisasi atau tidak.

7. Pelayanan yang Baik

Sebagus apapun software yang Anda gunakan, pasti akan ada kondisi dimana tidak akan bisa digunakan. Akibatnya Anda harus memperbaikinya. Perusahaan penyedia software yang baik tentu saja memiliki pelayanan yang baik untuk perbaikan, misalnya dengan adanya customer support.

Anda bisa menguji apakah perusahaan tersebut memiliki customer support yang baik atau tidak dengan cara menghubungi nomor yang tertera di websitenya. Perhatikan bagaimana respon yang mereka kepada Anda. Semakin ramah dan cepat memberikan solusi, bisa dipastikan perusahaan tersebut punya customer support yang baik.

Baca juga: Rekomendasi Konsultan ERP Indonesia yang Wajib Digunakan Perusahaan

Memilih software pabrik untuk perusahaan tentu saja tidak semudah yang dibayangkan karena banyak aspek yang harus dipertimbangkan. Saat ini sudah banyak vendor penyedia software produksi pabrik yang sudah tersedia, salah satunya adalah EOS Teknologi.


Post Author: EOSHIT