Site Loader
Get a Quote
Jenis-Jenis Inventory Tracking untuk Pelacakan Barang di Kawasan Industri

Untuk industri perusahaan yang masih pemula, mengelola IT Inventory tidak akan berjalan mudah. Terlebih untuk perusahaan besar yang harus melakukan tracking barang setiap harinya. Tapi, dengan adanya jenis-jenis inventory tracking, perusahaan akan lebih mudah dalam melakukan pencarian barang hanya dengan sebuah alat yang super canggih.

Di zaman yang sudah modern ini, terutama dalam perkembangan Industry 4.0, sudah banyak Software inventory tracking yang bisa digunakan. Sehingga perusahaan sangat akan terbantu dalam melacak sebuah barang dalam kawasan industri dan tentu saja bisa menghemat waktu.

Manfaat Inventory Tracking untuk Perusahaan Industri

1. Bisa Setting Lebih Mudah

Sama seperti sistem inventory lainnya, inventory tracking juga akan membuat pengaturan barang menjadi lebih mudah. Karena sistem ini juga akan memberikan informasi stok barang secara lengkap mulai dari barang datang hingga barang dimuat.

Proses tracking akan dilakukan berdasarkan badge number dan pembaruan data. Keduanya bisa dilakukan secara otomatis, sehingga kita bisa mengetahui keberadaan barang dimanapun dan kapanpun.

2. Audit dengan Lebih Mudah

Melakukan audit barang yang telah tersedia di gudang tentu saja bukanlah pekerjaan yang sangat mudah. Akan lebih sulit lagi jika masih dilakukan secara manual. Sistem inventory tracking bisa membuat proses tracking dengan lebih mudah.

Barang yang tersedia di dalam gudang akan diberi kartu stok, sehingga kita bisa melakukan audit dengan lebih mudah. Proses audit juga tidak akan memakan waktu banyak dan tentu saja hasilnya akan lebih akurat.

3. Tidak Perlu Melakukan Perhitungan Stock Opname

Proses tracking dengan menggunakan kertas dan pulpen tentu saja tidak efektif, serta sangat menyita waktu. Bahkan teknik ini bisa menyebabkan human error, sehingga akan banyak kesalahan di dalamnya. Proses tracking akan lebih mudah jika sudah menggunakan jenis inventory yang sudah modern seperti yang akan dibahas di bawah.

Baca juga: Pentingnya Penerapan Sistem ERP untuk Perusahaan

Jenis-Jenis Inventory Tracking di Industri Manufaktur Indonesia

Inventory Tracking - EOS Teknologi

Dulu inventory tracking dilakukan secara manual yang menggunakan sitem cardex yang merupakan sejenis kartu. Tapi sekarang inventory ini telah berkembang, sehingga bisa meningkatkan produktivitas perusahaan industri. Berikut beberapa macam Inventory Tracking yang banyak digunakan.

1. Barcode Inventory System

Barcode Inventory System akan melakukan tracking barang dengan cara scan barcode. Banyak sekali keuntungan yang akan didapatkan ketika menggunakan sistem inventory barcode ini. Salah satunya yaitu bisa meningkatkan akurasi pengiriman barang.

Jenis inventory yang satu ini juga bisa meminimalisir human error dan akan membuat manajemen inventory menjadi lebih baik. Sistem Inventory Barcode tidak hanya bekerja untuk tracking, tapi juga bisa digunakan untuk fungsi lainnya seperti shipment, order, dan manajemen.

Jenis inventory ini juga sudah terintegrasi dengan sistem akuntansi, sehingga kita juga bisa menghemat waktu untuk manajemen inventory. Selain itu kesalah yang timbul dari proses yang masih dilakukan secara manual juga bisa terhindari.

2. RFID Inventory System

Jenis lainnya dari sistem Inventory tracking adalah Radio Frequency Identification (RFID). Sama seperti sistem inventory barcode, banyak juga keuntungan yang akan didapatkan dari sistem inventory RFID. Salah satunya yaitu bisa meningkatkan visibilitas aset.

Proses pengerjaan inventory manual juga bisa diminimalisir dengan sistem inventory RFID, sehingga produktivitas pegawai bisa meningkat. Sistem ini juga bisa meminimalisir resiko kehilangan data yang disebabkan oleh tracking secara manual.

Itulah beberapa manfaat dan jenis jenis Inventory Tracking yang harus diketahui. Sistem ini akan membuat perusahaan lebih mudah untuk melakukan tracking, sehingga akan lebih efektif, efisien, dan tentu saja lebih akurat.

Menaikan Level Sistem Bisnis Manufaktur, serahkan Solusinya Pada EOS Teknologi!

Naik Level Sistem Pintar - Kawasan Berikat : EOS Teknologi
Naik Level Sistem Pintar Kawasan Berikat : EOS Teknologi

Anda bisa berkonsultasi lebih mendetail melalui pengembangan sistem pada EOS Teknologi pada halaman contact.

(eos/news)

Post Author: EOSHIT