Site Loader
Get a Quote
Sistem erp terbaik di Indonesia - EOS Teknologi

Saat ini sudah banyak industri perusahaan yang menjalankan bisnisnya dengan menggunakan sistem ERP. Langkah ini mereka ambil tidak lain untuk meningkatkan jumlah produk sehingga bisa menghasilkan keuntungan yang maksimal. Sebenarnya manfaat sistem ERP yang akan mereka dapatkan lebih dari itu.

Secara modul, tujuan penerapan ERP pada perusahaan yaitu untuk menangani berbagai proses industri perusahaan mulai dari manufaktur, logistik, inventory, hingga akunting. Sistem yang biasa digunakan juga bisa mengelola berbagai proses bisnis yang sesuai dengan standar yang telah ditentukan.

Jika belum mengenal apa itu sistem ERP, sebaiknya pelajari terlebih dulu disini.

Manfaat Sistem ERP untuk Industri di Indonesia

Berdasarkan data yang kami dapatkan dari SelectHub, terdapat sekitar 81% industri perusahaan yang sukses dalam menerapkan sistem ERP. Berikut ini adalah manfaat enterprise system jika sebuah industri menjalankan sistem ini dengan baik.

1. Produksi Operasional semakin Efisien

Sistem Inventory Efisien

Fungsi utama dari sistem ERP tidak lain yaitu untuk mengoptimalkan aktivitas operasional supaya menjadi lebih efisien. Jika dikerjakan dengan cara manual dan tradisional, semua aktivitas yang berlangsung dalam industri tentu saja akan memakan banyak tenaga dan waktu.

Dengan menggunakan sistem ERP, pekerjaan kompleks seperti pemantauan jam kerja, pembuatan laporan keuangan, pengecekan inventaris, semuanya bisa dilakukan secara otomatis tanpa harus memakan banyak waktu dan tenaga.

Dengan sistem ini, semua tim yang ada di dalam industri perusahaan bisa bekerja sesuai dengan job desk mereka masing-masing. Misalnya tugas dari seorang marketer hanya memantau laporan web traffic saja, jadi dia tidak perlu menanyakan masalah ini kepada orang IT.

Seorang pemilik industri perusahaan juga bisa mengakses berbagai data untuk berbagai kepentingan. Mereka bisa memantau semua kinerja utama industri perusahaan hanya melalui dashboard saja. Mereka juga bisa membuat keputusan dengan tepat karena data yang diberikan oleh ERP akurat dan real time.

2. Meningkatkan Kerja Sama Tim

Kerjasama tim

Dalam sebuah industri bisnis, kerja sama antar departemen harus berjalan dengan baik. Nah, sistem ERP bisa digunakan untuk menghubungkan dinding-dinding tiap departemen, sehingga bisa berkolaborasi dengan lebih erat.

Para pemilik industri perusahaan bisa memasukkan data ke dalam sistem ERP secara terpusat dan konsisten. Dengan begitu, semua department bisa mengakses berbagai keperluan dari departemen yang lainnya. Bahkan kolaborasi antara departemen di seluruh perusahaan bisa tetap terjaring melalui internet.

3. Meningkatkan Keamanan Data

Meningkatkan Keamanan Data

Karakteristik ERP biasanya memiliki fitur kontrol pembatasan dan firewall yang berfungsi untuk mencegah pelanggaran. Semua data akan disimpan dalam sistem yang terpusat, sehingga para pemilik industri perusahaan bisa memantau kinerja sistem dengan ketat.

Pemangku industri perusahaan bisa memberikan tanggung jawab pengelolaan data kepada admin yang bisa dipercaya. Setelah itu mereka akan memberikan akses terbatas kepada karyawannya. Misalnya seorang manajer HRD hanya memberikan hak akses pada karyawan lain mengenai data keuangan saja.

Bagaimana jika ada karyawan yang keluar dari industri perusahaan mereka?

Seorang admin wajib menghentikan akses karyawan tersebut dan memberikannya kepada karyawan yang baru. Dengan begitu sistem ERP akan merekam aktivitas pengguna dan akan mempermudah admin dalam mengidentifikasi berbagai aktivitas yang mencurigakan di dalam sistem tersebut.

4. Menghemat Biaya Operasional

Tak bisa dipungkiri bahwa sistem ERP juga bisa membantu industri perusahaan dalam menghemat biaya operasional. Sebab sebagian besar aktivitas di dalam industri akan berjalan secara otomatis. Sehingga human error dan dan gangguan yang lainnya bisa diminimalisir.

Sistem ERP juga bisa mengurangi lead time karena semua pekerjaan kompleks bisa dikerjakan dengan cepat. Biaya untuk para tenaga kerja bisa dikontrol karena sistem ERP bisa mengambil alih berbagai pekerjaan manual menjadi otomatis.

5. Membuat Keputusan dengan Akurat

Supaya industri perusahaan bisa mengalami kemajuan, maka tentu saja harus membuat keputusan dengan tepat. Supaya keputusan yang diambil bisa akurat, seorang eksekutor tentu saja harus melihat laporan yang lengkap, konsisten, dan real time.

Sistem ERP biasanya memiliki fitur yang bisa menyaring dan menganalisis tidak konsisten dalam data. Laporan yang diberikan oleh sistem ini juga sangat akurat, sehingga bisa membantu pemilik industri perusahaan dalam membuat keputusan yang terbaik untuk bisnis mereka.

Jika masih bingung dengan keuntungan ERP ataupun yang lainnya, para pemilik industri perusahaan bisa berkonsultasi dengan EOS Teknologi. EOS akan membantu industri perusahaan dalam mengimplementasikan sistem ERP supaya bisa lebih efektif dan efisien.

Kenapa harus Pakai Sistem EOS Teknologi?

Sistem pintar yang di rancang khusus untuk Industri Manufaktur, sebagai bentuk Investasi jangka panjang yang berkualitas tinggi dengan memenuhi cita-cita para pembisnis Industri di tanah air, yang di syaratkan Industri Kawasan Berikat BEA CUKAI.

Tidak hanya itu, EOS Teknologi memiliki fitur yang bisa dikembangkan dengan teknologi berkualitas, yang mendepankan memudahkan operasional pabrik / industri khususnya Inventory, Produksi, Keuangan, Gudang dan lainnya dengan tingkat akurasi data tepat, aman dan realtime.

Info lengkap: Seputar Pertanyaan Sistem EOS Teknologi Indonesia.

(eos/news)

Post Author: EOS Teknologi