Site Loader
Get a Quote
Manfaat Aplikasi ERP untuk Sekolah

Sampai saat ini pemerintah masih memberlakukan belajar di rumah untuk para pelajar demi mencegah penyebaran COVID-19. Saat ini sudah banyak sekolah di Indonesia yang sudah menerapkan sistem pembelajaran berbasis daring. Dalam hal ini, manfaat sistem ERP sangat berguna untuk pihak sekolah maupun siswa.

Sistem pembelajaran yang saat ini banyak digunakan adalah melalui aplikasi grup WhatsApp dan Zoom. Guru akan memberikan tugas dan informasi kepada murid melalui grup WhatsApp. Sementara meeting atau tatap muka dilakukan melalui aplikasi Zoom.

Cara tersebut tentu saja sangat tidak efektif terutama ketika guru memberikan tugas dan informasi melalui grup. Karena terlalu banyak pesan yang menumpuk akan membuat siswa ketinggalan informasi.

Dalam kondisi seperti sekarang ini, aplikasi yang cocok digunakan untuk mengajar adalah sistem ERP.  Manfaat sistem ERP untuk sekolah bisa Anda pelajari dalam ulasan di bawah ini:

1. Aktivitas Siswa Terpantau

Ketika siswa belajar di rumah, mereka hanya perlu login ke kelas yang sudah terdaftar di dalam sistem. Ketika mereka sudah berada di dalam tersebut atau online, sistem ERP akan mencatat waktu mulai dari login, sehingga Anda bisa melakukan pencatatan kehadiran mereka dengan tepat.

Bahkan pihak sekolah bisa tetap menjalankan kedisiplinan terhadap siswa karena ketepatan waktu masuk  ke dalam kelas (sistem) bisa terukur. Seluruh aktivitas mereka juga akan terpantau selama belajar online di dalam aplikasi ERP.

Baca juga: Apa itu Sistem ERP dan Cara Kerjanya?

2. Rekap Nilai Secara Otomatis

Guru akan lebih mudah dalam melakukan penilaian terhadap perkembangan siswa ketika proses pembelajaran dan ujian selesa. Karena sistem akan mendapatkan data mereka secara otomatis mulai dari ketepatan menghadiri tes, mengumpulkan tugas, dan nilai ujian.

Data tersebut juga akan komprehensif untuk para guru. Dari data tersebut guru bisa melakukan analisa terhadap pola siswa dan menentukan siswa yang memiliki nilai di atas rata-rata.  Analisa yang didapatkan dari data tersebut sangat berguna untuk melihat seberapa efektif bahan ajar dan proses pembelajaran berlangsung.

3. Melibatkan Orang Tua

Ketika proses pembelajaran berlangsung di rumah, guru tentu akan kesulitan dalam memantau para siswanya. Tapi peran tersebut sekarang akan beralih karena orang tua akan turut andil untuk menjalankan pembelajaran di rumah. 

Lebih efektifnya lagi, sistem ERP juga bisa dilengkapi dengan portal khusus untuk para orang tua. Di dalam portal tersebut, orang tua  akan mendapatkan laporan hasil pembelajaran anak-anak mereka.

Dengan begitu peran guru akan beralih ke orang tua karena mereka akan memastikan bahwa pembelajaran anak-anak bisa berjalan efektif.

4. Melakukan Ujian Secara Efektif

Sistem ERP juga akan mempermudah guru dalam mengevaluasi proses belajar siswa dengan menggunakan berbagai jenis ujian. Guru juga bisa dengan leluasa untuk menentukan jenis ujian, seperti pilihan benar/salah, pilihan ganda, mengisi titik-titik, dan masih banyak lagi.

Untuk media yang digunakannya juga bisa lebih beragam seperti gambar, video, dan suara. Supaya keefektifan ujian bisa meningkat, pihak sekolah bisa menggunakan aplikasi yang bisa memonitor pekerjaan siswa. Dengan begitu, guru akan tahu apakah siswa membuka tab baru untuk membuka kunci jawaban atau tidak.

5. Pembagian Materi Belajar Menjadi Lebih Efektif

Tidak seperti menggunakan aplikasi pada umumnya, guru bisa mempersiapkan materi pembelajaran dengan mudah. Bahkan mereka bisa membagikannya sesuai dengan kelas yang diajarkannya. Dengan aplikasi ERP, mereka juga bisa mengatur kapan materi tersebut bisa dibuka oleh siswa.

Dengan begitu proses pembelajaran akan menjadi lebih efektif dan efisien karena guru dan murid berada di dalam sistem yang sama. Cara seperti ini juga akan membuat siswa bisa mendapatkan informasi dengan cepat. Mereka tidak akan tenggelam informasi karena menumpuknya chat di dalam grup chatting.

Entah sampai kapan pemerintah akan kembali memberlakukan sistem pembelajaran di sekolah. Akan tetapi selama pandemi COVID-19 ini berlangsung, pemerintah masih tetap akan memberlakukan belajar di rumah. 

Hal ini tentu saja bisa menjadi pengingat untuk instansi pendidikan bahwa investasi di bidang pendidikan itu sangat lah penting. Tidak menutup kemungkinan bahwa  sistem ERP untuk sekolah ini tidak hanya berfungsi ketika sedang dalam situasi pandemi, tapi juga ketika pembelajaran sudah kembali normal.

Sebab otomatisasi yang dilakukan di lingkup sekolah akan mempermudah pihak sekolah maupun siswa dan bisa menciptakan lingkungan belajar yang lebih baik.

Menaikan Level Sistem Bisnis Manufaktur, serahkan Solusinya Pada EOS Teknologi!

Naik Level Sistem Pintar - Kawasan Berikat : EOS Teknologi
Naik Level Sistem Pintar Kawasan Berikat : EOS Teknologi

Anda bisa berkonsultasi lebih mendetail melalui pengembangan sistem pada EOS Teknologi pada halaman contact.

(eos/news)

Post Author: EOS Teknologi