Site Loader
andon system

Andon system adalah sistem yang digunakan dalam berbagai jenis industri, terutama dalam lingkungan produksi atau manufaktur, untuk memberikan sinyal atau indikator visual mengenai status produksi atau operasi. Tujuan utama dari sistem andon adalah untuk meningkatkan transparansi, efisiensi, dan responsifitas dalam lingkungan produksi.

Pengertian Andon System 

Dilansir dari laman Safety Culture, andon system merupakan suatu sistem visual pengelolaan yang dimanfaatkan oleh operator serta manajer dalam praktik manufaktur lean guna mengidentifikasi dan menampilkan status alur produksi dengan simpel.Β 

Istilah ini berasal dari bahasa Jepang yang merujuk pada “lentera kertas,” namun diterjemahkan lebih tepat sebagai “tanda” atau “sinyal” dalam konteks metodologi Toyota Production System (TPS) yang dikenal sebagai Jidoka. 

Cara kerja sistem ini melibatkan menarik tali Andon untuk mengindikasikan masalah yang muncul atau permintaan bantuan, mengubah warna lampu pada perangkat Andon, serta merefleksikan perkembangan terbaru pada papan Andon. 

Tujuannya adalah memberi peringatan secara waktu-nyata terkait permasalahan, sehingga solusi dapat segera diaplikasikan, mengurangi waktu berhenti produksi, dan berpotensi menghemat biaya.

Sistem andon biasanya terdiri dari lampu atau layar yang dapat dilihat oleh operator atau pekerja di berbagai bagian pabrik atau jalur produksi. Warna dan pola lampu atau tampilan pada layar dapat memiliki makna tertentu, seperti:

  • Normal: Warna hijau atau lampu tetap, menunjukkan bahwa operasi berjalan normal tanpa masalah.
  • Masalah Minor: Warna kuning atau lampu berkedip lambat, menandakan adanya masalah yang memerlukan perhatian, tetapi tidak menghentikan produksi secara keseluruhan.
  • Masalah Mayor: Warna merah atau lampu berkedip cepat, mengindikasikan adanya masalah serius yang memerlukan intervensi segera dan mungkin menghentikan produksi.
  • Panggilan Bantuan: Beberapa sistem andon juga memiliki tombol atau pemicu yang dapat ditekan oleh operator untuk memanggil bantuan atau perhatian dari tim teknis atau manajemen.

Bagaimana Cara Kerjanya?

Umumnya Andon bekerja dengan tiga komponen utama: kabel, lampu, dan papan, yang saling terhubung. Ini penjelasan singkat tentang apa yang dilakukannya dan mengapa penting:

Kabel Andon

Di atas kepala pekerja di jalur produksi, ada kabel atau tali Andon. Apabila ditarik, berarti pekerja meminta bantuan karena ada masalah. Terkadang kabel   bisa jadi tombol atau sakelar juga. Namun memiliki tujuan yang sama yakni memberi tahu orang lain jika ada masalah. 

Lampu Andon

Kalau kabel ditarik atau tombol ditekan, lampu Andon di peralatan atau jalur produksi akan berubah warna. Warna yang berbeda ini memberi petunjuk cepat di mana masalahnya. Tiga warna utama yang dipakai adalah hijau, kuning atau kuning, dan merah.

  • Hijau artinya semuanya normal, jadi kerjakan seperti biasa.
  • Kuning berarti ada masalah, jadi tanggapi dan bantu perbaiki atau periksa kualitas produk.
  • Merah artinya produksi dihentikan, jadi bicarakan dengan atasan atau manager sebelum melanjutkan.

Papan Andon

Status produksi dijalankan di papan Andon dengan warna yang sesuai. Ini memberi tahu semua orang kondisi produksi saat ini. Manajer dan pekerja bisa melihat target produksi, berapa yang sudah dikerjakan, dan berapa lama hentinya. Ini membuat semuanya terbuka dan jelas.

Contoh Andon System

Sekarang, mari kita lihat contoh konkret bagaimana sistem Andon digunakan. Toyota telah menjadi contoh terkemuka dalam menerapkan sistem ini. 

Di Toyota, Andon bekerja seperti sistem peringatan. Ini seperti tombol darurat yang bisa menghentikan jalannya suatu proses. Mereka menggunakan kabel yang biasanya juga membuat suara alarm.

 Ketika ada masalah di garis produksi, papan khusus bernama “Andon” akan menyala dan tim yang bertanggung jawab akan segera tahu. Jika masalahnya tidak bisa diselesaikan dalam waktu yang ditentukan, produksi sementara akan dihentikan.

Menariknya setiap karyawan Toyota bisa menghentikan produksi jika mereka merasa ada hal yang bisa merugikan kualitas kendaraan yang sedang dibuat.

Baca Juga: 5 Cara Produksi Manufaktur Selama Pandemi COVID-19

Andon Cocok untuk Bisnis Apa Saja? 

Sistem Andon cocok untuk berbagai jenis bisnis yang melibatkan operasi produksi, proses manufaktur, atau layanan berbasis operasional. Berikut beberapa contoh bisnis di mana sistem Andon dapat diimplementasikan dengan baik:

Industri Manufaktur

Industri ini mungkin adalah yang paling umum menggunakan sistem Andon. Pabrik-pabrik yang memproduksi barang fisik seperti mobil, elektronik, peralatan rumah tangga, dan lain sebagainya, dapat mengintegrasikan sistem Andon untuk mengidentifikasi dan mengatasi masalah produksi secara efektif.

Produksi Makanan dan Minuman

Pabrik-pabrik yang memproduksi makanan dan minuman juga dapat memanfaatkan sistem Andon untuk memantau jalur produksi dan mengatasi masalah yang mungkin terjadi, seperti kontaminasi, cacat produk, atau masalah kualitas lainnya.

Industri Farmasi

Dalam produksi obat-obatan dan produk farmasi lainnya, penting untuk menjaga kualitas dan keselamatan. Sistem Andon dapat membantu dalam mendeteksi masalah produksi yang dapat mempengaruhi keamanan dan kualitas produk.

Pabrik Pakaian

Dalam industri pakaian, seperti pakaian jadi atau tekstil, sistem Andon dapat membantu mengendalikan kualitas jahitan, bahan, dan produk akhir.

Layanan dan Pemeliharaan

Meskipun biasanya terkait dengan produksi, sistem Andon juga dapat diterapkan dalam bisnis layanan dan pemeliharaan, seperti perbaikan otomotif, perbaikan peralatan, atau perawatan fasilitas. Tim teknis atau layanan lapangan dapat menggunakan sistem ini untuk melaporkan dan menangani masalah dengan cepat.

Industri Logistik dan Distribusi

Dalam operasi pergudangan atau distribusi, sistem Andon dapat digunakan untuk mengkoordinasikan aktivitas, mengidentifikasi ketersediaan barang, dan mengatasi masalah seperti keterlambatan pengiriman atau ketidaksesuaian pesanan.

Lingkungan Rumah Sakit

Bahkan di lingkungan medis, sistem Andon dapat diterapkan untuk memberi tahu tim medis tentang masalah mendesak, keadaan pasien yang perlu perhatian, atau ketersediaan peralatan medis yang dibutuhkan.

Baca Juga: Manufacture Standard Cost

Itulah ulasan mengenai pengertian Andon System, cara kerja, dana contohnya. Apabila Anda ingin menilik beragam software manufaktur, dapat menuju laman EOS Teknologi di sini.Β 

Post Author: Soffya Ranti