Site Loader
Get a Quote
ERP adalah

ERP (Enterprise Resource Planning) adalah software yang dirancang untuk mempermudah proses bisnis industri perusahaan karena sistemnya sudah terintegrasi dan terpadu. Pada awalnya, sistem ini banyak digunakan oleh banyak industri perusahaan besar, tapi nyatanya sekarang sudah populer merambah ke sekktor UMKM sekalipun.

Sistem ERP pada industri perusahaan tergolong cukup penting untuk membuat proses bisnis menjadi lebih efektif dan tentunya efisien dalam hal transaksi akan jadi lebih cepat. Dengan begitu tidak sedikit juga perusahaan yang mulai berinvestasi untuk melakukan aktivitas implementasi dalam ERP (Enterprise Resource Planning).

5 Alasan Penerapan ERP pada Perusahaan Wilayah KB

Selain untuk meningkatkan efektivitas proses bisnis, banyak juga alasan lainnya kenapa banyak industri perusahaan yang menerapkan sistem ERP. Yuk kita lihat alasan lainnya di bawah ini:

1. Untuk Mengintegrasikan Informasi Keuangan

Sistem ERP akan mempermudah masing-masing departemen di dalam suatu industri perusahaan karena sudah terintegrasi. Misalnya departemen keuangan dan penjualan bisa menggunakan sistem ERP yang sama.

Dengan begitu, pemilik industri perusahaan tidak perlu mengeluarkan dana yang besar untuk menciptakan sistem yang terpisah untuk setiap departemen. Karyawan juga akan memiliki banyak waktu untuk merekonsiliasi data keuangan.

2. Untuk Mengelola Stok dan Pesanan

Sistem ERP juga akan mempermudah perusahaan dalam mengelola stok barang, pesanan, produksi, hingga distribusi. Karena semua proses itu dilakukan pada satu sistem yg sama dan terpusat.

Oleh sebab itu masalah seperti keterlambatan bisa dihindari. Kemudian stok barang akan tetap ada, sehingga permintaan konsumen terhadap barang yang mereka inginkan bisa terpenuhi dengan baik. Pemilik industri perusahaan tentu saja tidak ingin customernya kabur karena stok barang selalu habis.

Dengan menggunakan sistem ERP, pemilik industri perusahaan juga bisa berkomunikasi dengan pemasok barang dengan baik. Karena sistem ini akan mengijinkan perusahaan untuk mengontrol biaya yang diperlukan untuk membeli barang, mengotomatiskan pembelian, dan distribusi pengiriman barang ke pemasok lebih cepat.

Baca juga: 5 Manfaat Aplikasi Inventory untuk Perkembangan Industri

3. Untuk Menganalisis Pelanggan

Sebagian besar sistem ERP akan menyediakan modul CRM yang berfungsi untuk melacak interaksi pelanggan. Modul ini juga akan memberikan berbagai informasi penting lainnya seperti pesanan, pengiriman, dan sebagainya. Dari data tersebut kita bisa menganalisis pola perilaku pelanggan.

Salah satu cara yang bisa industri gunakan untuk memuaskan pelanggan yaitu dengan meningkatkan kualitas produknya. Nah, sistem ERP ini bisa melakukan standarisasi dan otomatisasi proses produksi. Standarisasi ini tentu saja akan meningkatkan produktivitas barang, menghemat waktu, dan mengurangi biaya.

4. Untuk Mengelola HR

Saat ini telah banyak industri perusahaan berskala besar yang sudah memiliki banyak unit bisnis. Sehingga karyawan yang mereka miliki juga menjadi lebih banyak dan akan mempersulit distribusi gaji dan intensif. Bahkan mereka akan kesulitan dalam melacak pekerjaan karyawannya.

Untuk mengatasi masalah tersebut, sistem ERP bisa menjadi solusi yang sangat tepat. Karena sistem ini akan menyimpan informasi sangat lengkap mulai dari gaji karyawan, kehadiran, pengelolaan permintaan cuti, dan sebagainya.

Oleh sebab itu karyawan juga meminta hak mereka sebagai pekerja seperti mengajukan cuti, melihat slip gaji, melihat info tentang karyawan lain, dan masih banyak lagi.

5. Untuk Membuat Laporan Lengkap

Membuat laporan yang sangat lengkap tentu saja memakan lebih banyak waktu jika dilakukan secara manual. Tapi akan lebih singkat jika menggunakan sistem ERP, bahkan hanya perlu hitungan detik saja.

Laporan yang akan diberikan oleh sistem ERP juga sangat lengkap dan akurat. Sehingga  bisa membantu pemangku kepentingan dalam membuat keputusan dengan lebih baik.

Penerapan ERP pada perusahaan memang sangat menguntungkan. Bahkan bisa berujung pada meningkatkan pendapatan industri perusahaan. Tapi untuk mulai mengimplementasikan sistem ERP, pemangku perusahaan harus mempertimbangkannya terlebih dahulu.

Karena investasi sistem ERP tidak membutuhkan biaya yang sedikit. Jika tidak bisa menggunakannya dengan baik, perusahaan bisa saja buntung bukan untung. Oleh karena itu harus berkonsultasi terlebih dahulu dengan orang yang tepat, salah satunya adalah EOS Teknologi.

FAQs – IT Inventory EOS Teknologi

Apa Sistem EOS itu?
EOS merupakan instansi berbadan hukum, yang memiliki produk / layanan terbaik Manufacture System Specialist IT Solution untuk kebutuhan industri kawasan berikat. Dengan sistem keunggulan saling integrasi, realtime dan aman.

Serta membantu para pembisnis industri untuk menaikan level yang lebih tinggi Kategori A.

Apa Fitur Terbaik EOS itu?
Fitur terbaik EOS Teknologi salah satunya, sistem saling integrasi satu departement ke departement lainnya yaitu: Purchasing, Warehouse, Produksi, BC Onine, dan masih banyak lagi.
Sistem IT Inventory, ERP Bea Cukai

Tanpa basa-basi lagi, konsultasikan perusahaan Anda pada kami sekarang juga! Maka dari itu, EOS Teknologi adalah solusi terbaik dalam menangani masalah sistem Industri EOS is Smart for Factory.

(EOS Digital/ IT Inventory)

Post Author: EOSHIT