Site Loader
PENAWARAN
Rekomendasi Konsultan IT di Jakarta

Seiring berkembangnya waktu, sebagian besar sendi-sendi kehidupan sudah dikuasai dengan teknologi, termasuk juga para pebisnis yang memiliki perusahaan. Persaingan setiap perusahaan sudah semakin ketat, terutama jika berkaitan dengan teknologi. Sehingga tidak heran jika mereka membutuhkan konsultasi IT terbaik.

Sebagian besar perusahaan sangat membutuhkan seorang konsultan IT supaya bisa tetap bersaing dengan kompetitornya. Bahkan menggunakan teknologi yang canggih akan membuat perusahaan semakin produktif meskipun di awal membutuhkan modal yang besar untuk investasi.

Apa itu Konsultan IT?

© Robicomp

Konsultan IT adalah profesi yang berfokus pada pemberian saran tentang cara terbaik untuk menggunakan teknologi informasi demi tercapainya tujuan bisnis perusahaan, secara umum ini diimplementasikan untuk Client. Fenomena revolusi industri 4.0 telah merubah perilaku para pengusaha untuk mengubah strategi agar bisa memanfaatkan teknologi sebaik-baiknya.

Industri 4.0 juga telah mendorong para pengusaha untuk tetap bisa berinovasi supaya tetap bisa bersaing. Bahkan untuk menciptakan transaksi yang sempurna juga membutuhkan teknologi yang berkualitas tinggi. Untuk mengetahuinya, mereka membutuhkan seorang konsultan IT.

Sudah banyak daftar perusahaan konsultasi IT di Jakarta, terlebih pekerjaan konsultan IT juga cukup menjanjikan. Pekerjaan ini sudah tidak asing lagi terlebih juga ada suatu perusahaan jasa konsultasi yang bergerak di bidang teknologi informasi. Mereka yang berprofesi sebagai konsultan IT tentu saja memiliki pengetahuan tentang teknologi yang berkualitas untuk kliennya.

Seorang konsultan IT tidak hanya harus bisa menggunakan kemampuan di bidang komputer, tapi juga harus bisa memahami kepribadian maupun harapan kliennya. Sehingga mereka juga memiliki kemampuan komunikasi yang baik karena profesinya sangat erat kaitannya dengan masyarakat banyak.

Tugas Umum Konsultan IT

© glints.com

Banyak tugas yang akan dikerjakan oleh konsultasi untuk membantu mencapai tujuan klien sebagai pemilik bisnis perusahaan. Beberapa tugas tersebut bisa dilihat pada uraian di bawah ini:

1. Membantu Mengambil Keputusan

Seorang konsultan IT harus membantu kliennya dalam pengambilan keputusan. Mereka akan memberikan memberikan berbagai pertimbangan untuk membantu klien sebelum akhirnya bisa mengambil keputusan. Saran dan masukan konsultan IT tentu saja harus sesuai dengan kebutuhan dan tujuan klien yang ingin meningkatkan perusahaannya.

2. Menjelaskan Masalah Teknis

Konsultan IT tentu saja memiliki kemampuan yang sangat luas di bidang teknologi dan mereka akan memberikan penjelasan lengkap kepada klien. Mereka akan menjelaskan tentang masalah tenis yang rumit supaya lebih sederhana. Sehingga bisa dipahami oleh para stafnya.

3. Menyusun Jadwal Tindakan dan Anggaran

Perusahaan konsultan IT yang baik tentu saja bisa membuat jadwal tindakan dan anggaran yang baik. Hasil dari pekerjaan tersebut akan membantu Anda dalam mengambil keputusan. Meskipun anggaran yang mereka buat besar, tapi sesuai dengan hasil yang akan Anda dapatkan.

4. Mendesain Sistem Lama dan Baru Perusahaan

Sebelum memberikan saran untuk menggunakan teknologi baru terhadap kliennya, konsultasi IT akan melakukan pengujian terlebih dahulu terhadap sistem yang saat ini digunakan klien. Mereka akan menilai apakah teknologi tersebut masih memberikan dampak yang baik atau tidak terhadap perusahaan klien.

Dari sana mereka bisa memutuskan apakah harus merancang sistem yang baru atau justru memperbaiki sistem sebelumnya. Mereka akan membantu Anda untuk mengambil keputusan apakah akan menggunakan teknologi terbaru atau sebaliknya. 

5. Memastikan Sistem Berjalan dengan Baik

Sistem yang telah digunakan tentu saja harus bisa berjalan dengan baik dan harus bisa dengan mudah digunakan oleh klien. Karena mungkin saja sistem tersebut akan digunakan oleh anggota klien, sehingga konsultan harus bisa memberikan penjelasan yang sangat rinci.

Prinsip Konsultan IT

Ada 5 prinsip yang dimiliki oleh seorang konsultan IT yang tentu saja akan memberikan pelayanan terbaik untuk kliennya. Kelima prinsip tersebut adalah sebagai berikut.

  1. Fokus terhadap hubungan dengan memahami kepribadian, harapan, organisasi, dan segala hal yang berhubungan dengan klien.
  2. Peran dan tanggung jawab terhadap klien.
  3. Selalu membayangkan sukses dengan membantu klien sebaik-baiknya tanpa melihat akhir.
  4. Memberikan advise yang bisa membantu klien dalam pengambilan keputusan.
  5. Memastikan bahwa solusi terhadap penggunaan, pelatihan pengguna, serta implementasi dan kendala pemeliharaan.

Rekomendasi Konsultasi IT di Jakarta

EOS Teknologi merupakan salah satu perusahaan yang bergerak di bidang Software Development dan IT Solution untuk memenuhi kebutuhan industri, mempermudah operasional kerja harian, dan meningkatkan kualitas dan akurasi data.

EOS selalu berupaya untuk terus berinovasi sesuai dengan perkembangan industri maupun perkembangan teknologi informasi, terutama dengan industri 4.0. EOS Teknologi juga memiliki produk IT yang berkualitas tinggi dengan tingkat profesionalisme baik terhadap kliennya.

EOS selalu berusaha untuk membantu stakeholder tanah air dan menjadi bagian untuk perubahan indonesia maju, terutama bisnis industri di wilayah kawasan berikat Bea Cukai. Sudah 10 tahun EOS memberikan solusi kepada banyak klien untuk menciptakan sistem yang saling terintegrasi dan dikembangakn dengan teknologi terbaru.

Baca juga:

Rekomendasi Software House Jakarta Terbaik

3+ Tips Mengelola Sistem Keuangan Usaha Kecil

FAQs – Konsultan IT

Apa yang dimaksud dengan konsultan IT?

Konsultan IT bekerja sebagai jembatan antara tim teknis, anggota staf atau bahkan pelanggan [Client]. Tujuannya untuk mengetahui kebutuhan secara flow bisnis dan di realisasikan melalui tindakan yang efisien secara teknologi informasi.

Apa Tanggung Jawab Konsultan IT?

Secara umum, tanggung jawab konsultan IT adalah Bekerja dengan klien untuk menentukan ruang lingkup pekerjaan dalam sebuah proyek, perumusan strategi dalam bidang IT, organisasi IT, perencanaan dan strategi IT.

Seberapa Penting Harus Menggunakan Konsultan IT?

Konsultan IT bagi perusahaan yang berkembang sangatlah penting, selain untuk unggul lebih cepat bagi pesaing dan juga akan lebih efisien dalam melakukan pengelolaan bisnis sesuai ahlinya yang tepat.

Referensi:

  • glints.com/id/lowongan/it-consultant-atau-konsultan-it-membantu-bisnis-atau-pun-perorangan-untuk-mengatasi-masalah-dan-meningkatkan-kinerja-melalui-teknologi
  • markey.id/blog/bisnis/konsultan-it
  • mc.co.id/blog/jasa-konsultan-it-indonesia


Post Author: EOS Teknologi