Site Loader
PENAWARAN
Sistem ekspor impor di indonesia

Sebelum mengarah pada pentingnya perusahaan kawasan industri yang wajib menggunakan sistem ekspor impor, ada baiknya jika kita mengetahui pengertian ekspor dan impor secara singkat. Ekspor merupakan sebuah kegiatan mengeluarkan barang dari dalam negeri dan dikirimkan ke luar negeri dengan berbagai peraturan yang telah terpenuhi.

Sedangkan impor merupakan kegiatan memasukkan barang atau pembelian barang dari luar negeri dalam rangka memenuhi kebutuhan dalam negeri.

Nah, sebenarnya ekspor dan impor kegiatan yang sangat penting bagi perusahaan dalam suatu bisnis yang dijalankan. 

7 Hal Penting Perusahaan Kawasan Industri Wajib Menggunakan Sistem Ekspor Impor

Nah, penjelasan artikel kali ini EOS Teknologi akan menguraikan apa sajakah hal terpenting yang harus diketahui pelaku bisnis di tanah air dalam kegiatan ekspor impor di indonesia, berikut penjelasannya:

1. Agar Menjangkau Pasar Lebih Luas

Pentingnya sistem ekspor impor bagi perusahaan ialah dapat memperluas jangkauan pasar melalui produk-produk yang diproduksinya. Jangkauan pasar yang lebih luas juga akan memberikan manfaat meningkatkan produktifitas dan inovasi pada perkembangan produk yang dimiliki khususnya sahabat EOSHI yang memiliki bisnis macam ini.

Selain itu, sebagai pembisnis kawasan industri pasar bisnis akan semakin luas dan menjangkau berbagai belahan pasar. Dan secara otomatis sebagai pembisnis, sahabat EOSHI akan sangat diuntungkan baik dari sisi bisnis atau perekonomian suatu negara. 

2. Meningkatkan Laba Perusahaan

Pengadaan sistem ekspor impor tentu saja akan meningkatkan profit perusahaan. Ini karena harga sebuah produk dalam negeri yang telah dikirim atau diekspor ke luar negeri akan memiliki harga tersendiri yang disesuaikan dengan tingkat ekonomi negara tersebut dan berbagai tambahan pajak lainnya.

Begitu pula dengan kegiatan impor, dengan mendatangkan produk atau bahan baku dari suatu negera luar, akan mendapatkan kesempatan khususnya mengembangkan suatu produk menjadi produk berkualitas dan otomatis akan meningkatkan profit perusahaan itu sendiri. 

3. Untuk Meningkatkan Skala Produksi 

Karena bisnis sahabat EOSHI melakukan kegiatan ekspor impor, maka itu akan meningkatkan penjualan yang lebih besar dan bahkan dari skala produksi dalam negeri. Sehingga hal ini pun akan menambah supply material yang cukup baik.

Lalu, dengan begitu perusahaan akan memperbesar skala produksi beserta meminimalisir biaya produksi dalam jangka waktu tertentu. 

4. Agar Mendapatkan Sesuatu yang Baru

Kegiatan sistem ekspor impor yang dilakukan sebuah perusahaan, juga akan mendatangkan sesuatu yang baru entah itu produknya atau bahkan teknologi yang dipakai sebagai standar operasional bisnis tersebut.

Mak dari itu, sahabat EOSHI akan mempelajari bahkan berinovasi terhadap produknya untuk menjangkau pasar target sesuai trend masa kini. Dan untuk menjalani semuanya ini perlu adanya kerja sama satu sama lain untuk mencapai tujuan perusahaan tersebut.

5. Agar Meningkatkan Devisa Negara

Manfaat dari sistem ekspor tentu saja tak hanya dirasakan oleh suatu perusahaan saja, tapi juga negara akan semakin meningkat dari sisi bisnis ekspor.

Tentu saja dalam perdagangan internasional akan menggunakan mata uang dollar sebagai transaksi, sehingga hal inilah yang berpengaruh pada pendapatan devisa negara. 

Baca juga: Tips Mengatasi Krisis Keuangan Perusahaan

6. Sebagai Penambah Lapangan Pekerjaan 

Karena sistem ekspor impor akan mendorong meningkatnya permintaan suatu produksi produk, maka perusahaan pun akan membutuhkan banyak tenaga kerja yang akan membantu dalam proses produksi untuk mencapai permintaan produk suatu pasar.

Dan secara otomatis, ini kana jadi peluang akan meningkatnya jumlah tenaga kerja yang dibutuhkan dilapangan.

7. Sebagai Komoditas Berdaya Saing Tinggi

Pentingnya perusahaan kawasan industri manufaktur melakukan sistem ekspor impor ialah dapat menampilkan bahwa produk-produk berbahan asli Indonesia memiliki keunggulan tersendiri.

Produk-produk tersebutlah yang memiliki peluang untuk masuk di pasar internasional dalam metode ekspor yang dilakukan perusahaan.

Software IT Inventory Kawasan Berikat

Nah, kini sahabat EOSHI sudah mengetahui banyak mengenai sistem ekspor impor. Bahwa betapa pentingnya perusahaan untuk mengoptimalkan perdagangan dengan sistem ekspor impor tersebut. Dan ini pun menjadi salah satu anjuran dari pemerintah khususnya presiden Joko Widodo untuk meningkatkan sistem ekspor sebanyak-banyaknya, untuk mendongkrak kestabilan nilai rupiah dengan dolar.

Dan untuk menunjang kegiatan ekspor dan impor dalam industri semakin lancar beserta berjalan dengan baik, tentunya harus didukung dengan adanya Teknologi terbaik saat ini. EOS Teknologi biasanya menyebutkan menggunakan Software IT Inventory Kawasan Berikat yang khusus untuk perusahaan maupun pebisnis dalam industri menunjang kegiatan ekspor dan impor di tanah air. 

Untuk rekomendasi Software IT Inventory Kawasan Berikat, EOS Teknologi merupakan perusahaan yang sangat tepat untuk menjalin kerjasama dengan para industri manufaktur di Indonesia. Kenapa? Karena EOS Teknologi ahlinya (IT Consultant) dalam memecahkan kebutuhan sistem ekspor impor, yang digabungkan dengan teknologi-teknologi terbaik sesuai anjuran Direktorat Jenderal Bea dan Cukai Indonesia (DJBC).

EOS Teknologi akan mengembangkan Software IT Inventory Kawasan Berikat yang memiliki kelebihan yaitu:

  • Software IT Inventory bekerja secara realtime sesuai keluar masuk barang kawasan berikat 
  • Software IT Inventory sudah terintegrasi dengan otomatis dan akurat, maka dari itu pelaporan lebih efisien. 
  • Software IT Inventory dibuat sangat aman, karena menggunakan teknologi terbaru yang berbasis website yang unggul. 
  • Software IT Inventory dibuat sangat mempermudah berbagai pengguna yang berkepentingan untuk mengakses pelaporan. 

Terdapat poin penting yang terdapat pada Software IT Inventory Kawasaan Berikat EOS Teknologi. Berikut beberapa poin pentingnya. 

  • Laporan penerimaan barang per dokumen pabean 
  • Laporan pengeluaran barang per dokumen pabean
  • Laporan dalam WIP, pada laporan ini sistem akan terintegrasi secara realtime mana saja proses produksi yang sedang berjalan
  • Laporan mutasi bahan baku dan penolong
  • Laporan mutasi barang jadi 
  • Laporan barang sisa dan scrap 
  • Laporan mesin dan peralatan

Informasi lengkap produk EOS Teknologi bisa baca di halaman Software IT Inventory.

sistem erp - it inventory

Referensi:

  • slideplayer.info
  • indosaranacargo.com
  • asiacommerce.id
  • bisnis.tempo.co (20 Maret 2020)


Post Author: EOS Teknologi