Site Loader

EOS Teknologi . Software Gudang – Apakah Anda merasa kerepotan mengelola persediaan stok barang di toko karena banyaknya pembelian? Jika ya, maka Anda membutuhkan sebuah software gudang supaya pengelolaan gudang bisa berjalan dengan efektif dan efisien.

Anda bisa bayangkan bagaimana repotnya harus mencatat banyak barang yang masuk dan keluar gudang. Kemudian Anda juga harus menyimpan dan mencatat berbagai hal untuk barang-barang tersebut. Dengan bantuan software, semua pekerjaan tersebut bisa diminimalisir.

5 Software Gudang yang Anda Butuhkan

Perkembangan dunia informasi dan teknologi telah membuat penggunaan perangkat lunak juga berkembang. Oleh sebab itu tidak heran jika sekarang ini banyak aplikasi gudang yang bisa Anda gunakan.

Berikut ini 5 aplikasi gudang yang bisa Anda gunakan:

1. Inventory Management

Software gudang terbaik yang open source alias gratis adalah Inventory Management. Tak hanya gratis, Inventory ini juga sangat ramah terhadap pemula karena memiliki interface yang sangat mudah dipahami.

Di dalam aplikasi ini Anda bisa melakukan pencatatan barang baik yang akan dijual maupun dibeli. Keberadaan fitur kelola item juga bisa membuat Anda bisa menambah maupun mengeliminasi stok barang di gudang.

Kemudian pada aplikasi ini juga terdapat fitur history transaksi yang bisa membantu Anda untuk meminimalisir kesalahan input data. Aplikasi ini tentu saja sangat kami rekomendasikan untuk Anda yang belum punya budget gede untuk scale up bisnis dengan membeli software gudang khusus.

2. Fishbowl Go

Software khusus gudang yang satu ini tidak hanya digunakan untuk pengusaha skala kecil saja. Karena sudah banyak juga perusahaan-perusahaan besar yang menggunakannya.

Banyak sekali fitur bermanfaat yang akan Anda dapatkan dari software yang satu ini. Misalnya mencatat transaksi secara sekaligus, membaca kode barang, mencetak daftar yang harus di-pack sebelum dikirim hingga melacak pergerakan produk di dalam gudang maupun antar gudang.

Fitur lain yang dimiliki oleh software ini adalah Cycle Count yang bisa Anda gunakan untuk update jumlah produk. Anda tinggal memasukkan jumlah barang baru ketika menghitung stok barang secara fisik yang dilakukan di dalam gudang.

Nantinya Anda akan mendapatkan informasi yang sangat lengkap mulai dari nomor seri, tanggal kadaluarsa, suku cadang, dan masih banyak lagi data lainnya. Fitur Part Information bisa membuat Anda memasukkan data ke dalam software dengan hanya hitungan detik saja.

3. NetSuite WMS

NetSuite WMS merupakan software gudang dengan barcode terbaik yang bisa Anda gunakan. Sehingga nantinya Anda bisa memanfaatkan smartphone untuk scan kode QR.

Aplikasi gudang ini memiliki fitur yang sangat lengkap untuk menerima,menyimpan, hingga mengirim barang ke konsumen. Keberadaan kode QR juga bisa membuat transaksi bisa lebih mudah. Bahkan proses pembayaran juga bisa dilakukan dengan mudah dengan adanya fitur tersebut.

NetSuite WMS ini sangat ramah untuk pemula karena mempunyai interface yang sangat sederhana. Dalam penggunaannya juga tidak serumit yang dibayangkan, mungkin dengan beberapa kali coba saja Anda akan langsung bisa.

Lihat produk EOS Teknologi: Software Manufacture Specialist

4. Good Order Inventory

Selain Inventory Management, Good Order juga termasuk software gudang yang bisa Anda gunakan secara gratis. Anda bisa download aplikasi stok gudang gratis full version ini di Google Play Store maupun App Store. Karena aplikasi ini tersedia di smartphone, Anda bisa menggunakannya kapanpun dan dimanapun.

Meskipun gratisan, aplikasi gudang ini memiliki fitur yang cukup lengkap, khususnya untuk pengusaha berskala kecil. Anda bisa melakukan sinkronisasi stok barang secara real time. Misalnya mengelola stok, melacak penyimpanan maupun penyimpanan barang.

Antarmuka dan navigasinya yang mudah membuat aplikasi ini sangat ramah untuk penggunanya. Bahkan aplikasi ini juga memiliki fitur scan QR seperti aplikasi berbayar lainnya.

5. Business Inventory

Business inventory sendiri juga memiliki fitur yang sangat lengkap seperti aplikasi gudang lainnya. Anda bisa melakukan tracking produk, pesanan, penjualan, hingga pengiriman barang.

Tapi aplikasi ini hanya tersedia untuk pengguna iPhone dan iPad saja, jadi untuk Android belum tersedia. Kalau untuk keperluan tracking barang aplikasi ini masih bisa diandalkan.

Anda bisa melacak lokasi barang ketika diangkut ke lokasi penerima ataupun gudang yang berbeda. Untuk pengelolaan stok barang juga masih sangat bagus untuk Anda gunakan.

Aplikasi yang satu ini sangat cocok untuk pemilik usaha kecil hingga menengah. Karena jika digunakan untuk bisnis besar tentu saja memerlukan sistem yang lebih kompleks. Sementara Business Inventory masih sangat sederhana, bahkan dari antarmuka dan navigasinya saja sudah bisa Anda lihat.

sistem erp - it inventory

Sebenarnya masih banyak software gudang yang bisa Anda gunakan untuk keperluan bisnis. Semakin fiturnya lengkap, harga untuk pembelian software tersebut tentu saja akan jauh lebih mahal.

Meskipun begitu, Anda bisa menyesuaikannya dengan perkembangan bisnis yang Anda jalani. Jika usaha Anda sudah semakin berkembang, bukan hal yang tak mungkin Anda membutuhkan software gudang dengan fungsi yang lebih kompleks.


Post Author: EOSHIT