Site Loader
PENAWARAN
revolusi industri 4.0

Saat ini hampir semua orang sudah tidak asing lagi dengan istilah Revolusi Industri 4.0. Revolusi ini tentu saja memberikan dampak yang sangat signifikan untuk dunia industri bahkan perilaku masyarakat di dunia. Revolusi ini juga diiringi oleh perkembangan teknologi dan informasi yang terjadi dengan sangat cepat.

Kita juga tak bisa membantah jika secara perlahan semua sudah beralih ke dunia digital. Hampir semua kebutuhan kini sudah tersedia secara digital mulai dari jual beli, transaksi, hingga pembayaran. Dengan begitu, revolusi industri 4.0 ini telah memberikan dampak yang sangat besar untuk perilaku masyarakat.

Apa Itu Revolusi Industri 4.0 ?

Sebelum membahas lebih jauh lagi, sebenarnya apa yang dimaksud dengan revolusi industri 4.0? Revolusi industri versi terbaru ini adalah perubahan dimana untuk memproduksi sebuah barang menggunakan mesin sebagai tenaga penggeraknya.

Revolusi Industri ini akan mengintegrasikan antara teknologi otomatisasi dan cyber, sehingga pada praktiknya tidak lagi menggunakan tenaga kerja manusia. Semua proses produksi akan berjalan secara otomatis dengan mesin. Sehingga proses ini akan meningkatkan efektivitas dan efisiensi.

8 Unsur Utama Revolusi Industri 4.0

Revolusi industri 4.0 benar-benar memanfaatkan teknologi otomatisasi dan cyber untuk menggantikan tenaga kerja manusia. Dampaknya adalah akan terjadinya interkoneksi antara sistem produksi dengan mesin fisik. Ada beberapa teknologi yang menjadi unsur utama untuk revolusi Industri 4.0.

1. Internet of Things (IoT)

Sebagian besar orang di dunia sudah bisa berselancar dengan lancar di dunia maya untuk menjelajahi berbagai situs. Bahkan transfer data  bisa dilakukan dengan sangat mudah. Tapi semua itu akan terjadi jika sudah tersambung dengan jaringan internet.

Internet of Things merupakan sebuah konsep dimana sebuah perangkat fisik atau mesin bisa terkoneksi dengan internet. Sehingga perangkat tersebut bisa digunakan untuk mentransfer data tanpa harus menggunakan tenaga kerja manusia. Prosesnya pun juga bisa berjalan dengan cepat dan efisien.

2. Artificial Intelligence

Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan merupakan teknologi dimana kemungkinan mesin bisa memiliki kecerdasan layaknya manusia. Mesin tersebut bisa melakukan berbagai pekerjaan, bahkan bisa mengambil keputusan sendiri tanpa harus ada campur tangan dari manusia.

Dengan begitu, AI ini mampu menganalisis data secara kesinambungan, bahkan bisa memprediksi apakah keputusannya baik atau buruk. Dengan kata lain, informasi yang didapatkan oleh mesin buatan ini tentu saja sangat banyak sehingga bisa menghasilkan keputusan terbaik.

3. Big Data

Big Data bisa dikatakan sebagai volume informasi dengan jumlah yang sangat banyak. Informasi tersebut tersusun secara terstruktur maupun sebaliknya. Informasi atau data tersebut nantinya bisa diolah, dianalisis, dan simpan. Teknologi ini sudah banyak digunakan oleh berbagai jenis bisnis di dunia.

4. Augmented Reality

Augmented Reality (AR) adalah teknologi yang mengkombinasikan benda dua dimensi atau tiga dimensi dalam sebuah lingkup yang lebih nyata tiga dimensi. Kemudian hasilnya diproyeksikan ke dalam waktu yang nyata.

5. Cyber Security

Unsur utama Industri 4.0 ini yaitu untuk meningkatkan keamanan data supaya terhindar dari cyber attack. Cyber Attack sendiri adalah aktivitas yang menargetkan sistem data dengan tujuan merusak, mencuri,mengubah data, integrasi, dan kerahasiaan.

6. Additive Manufacturing

Addictive Manufacturing (AM) merupakan teknologi cetak 3D yang digunakan oleh perusahaan industri manufaktur. AM ini tidak hanya sebagai printer 3D, tapi juga sebagai direct digital manufacturing dan rapid prototyping.

Dengan begitu, desain dalam bentuk digital bisa dicetak menjadi produk nyata dengan menggunakan komputer dan software khusus AM. Hasil cetakannya juga sama seperti gambar desain yang telah dibuat sebelumnya.

7. Integrated System

Integrated System adalah rangkaian proses dimana sistem komputer dan software saling terintegrasi baik secara fisik maupun fungsional. Sistem terintegrasi ini akan mempersatukan komponen sub sistem dengan yang lainnya di dalam sistem supaya bisa berfungsi seperti halnya kesatuan sistem.

8. Cloud Computing

Cloud Computing adalah teknologi untuk pusat pengelolaan dan penyimpanan data maupun aplikasi dengan menggunakan internet. Dengan menggunakan teknologi ini, para penggunanya bisa mendapatkan hak baik untuk mengakses atau menjalankan program melalui internet atau komputer tanpa harus melakukan instalasi.

Baca juga: Tips Mengatasi Krisis Keuangan Perusahaan

Di zaman modern ini kita tentu saja kita tidak bisa mengelak dari revolusi industri 4.0 ini. Perubahan ini memberikan dampak yang sangat besar untuk dunia industri manufaktur. Sudah selayaknya perusahaan untuk menggunakan teknologi berbasis industri 4.0 seperti software yang dibuat oleh EOS Teknologi.

Rekomendasi Software Manufaktur Indonesia Terbaik

Dari uraian di atas, sahabat EOSHI tentu sudah tahu ya unsur utama dari revolusi industri 4.0. Dari sana kita juga seharusnya sudah tahu dampak yang akan diberikan, khususnya untuk para pebisnis manufaktur. Sudah selayaknya menggunakan teknologi yang sesuai dengan revolusi industri terbaru ini.

Teknologi yang digunakan oleh industri perusahaan manufaktur sudah selayaknya memiliki unsur utama revolusi industri 4.0. Salah satu perusahaan yang menciptakan sistem yang sesuai dengan revolusi industri ini adalah EOS Teknologi.

Sistem yang dibuat oleh EOS Teknologi sesuai dengan unsur-unsur utama revolusi industri 4.0 seperti Internet of Things, Cloud Computing, dan Integrated System. Sehingga proses produksi pada perusahaan manufaktur bisa berjalan dengan lebih efisien.

Apa saja produk yang dibuat oleh EOS Teknologi?

  • IT Inventory
  • Accounting Management System
  • Warehouse Management System
  • Purchasing Management System
  • Sales Management System
  • Project Management System

Informasi lengkap produk EOS Teknologi bisa baca di halaman Software IT.


Post Author: EOSHIT