Site Loader
Get a Quote
Rekomendasi Sistem ERP Terbaik Untuk Industri Kawasan Berikat

ERP merupakan sistem manajemen bisnis yang bisa mempermudah pengelolaan industri yang sudah terintegrasi. Beberapa proses pengelolaan bisnis bisa menggunakan sistem ERP secara otomatis seperti purchasing, accounting, hingga human resource. Tapi hal ini juga sangat bergantung pada software sistem ERP terbaik yang digunakan.

Sistem ERP juga akan mempermudah pemilik industri perusahaan dalam mengendalikan dan memantau koordinasi tiap departemen. Dengan begitu, sistem ERP bisa digunakan mulai dari perusahaan berskala kecil hingga besar.

5+ Rekomendasi Sistem ERP Terbaik Untuk Industri Kawasan Berikat

Saat ini telah banyak sistem ERP yang bisa digunakan, bahkan banyak perusahaan yang bingung untuk menentukan pilihannya. Sebagai pertimbangan, mereka harus menggunakan sistem ERP yang sesuai dengan kebutuhan sehingga sistem ini bisa bekerja dengan maksimal. Berikut adalah 5 sistem ERP yang  bisa dipertimbangkan:

1. SAP

Sistem informasi SAP sangat cocok untuk perusahaan manufaktur dan jasa untuk mengintegrasikan proses bisnis. Terdapat tiga modul dalam sistem ERP SAP yaitu Financial and Controlling (FI-CO), Material Management (MM), dan Sales and Distrbution (SD).

Sebelum menggunakan sistem ini, pertimbangkan terlebih dahulu karena biaya yang dibutuhkan untuk investasi SAP terbilang cukup besar. Supaya tidak mengalami kerugian yang cukup besar, pemilik harus melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan orang yang tepat. Hal yang sama juga untuk melakukan update sistem.

2. Odoo

Odoo adalah sistem ERP yang bersifat open source yang bisa digunakan untuk mengelola proses bisnis secara keseluruhan. Sistem ini juga dilengkapi dengan berbagai modul yaitu penjualan, POS, fitur manajemen proyek, akuntansi, dan inventaris.

Tidak hanya modulnya yang lengkap, Odoo ERP juga memberikan penawaran mengenai perangkat MPR terpadu untuk PLM dan proses pemeliharaan secara berkala. Di dalamnya juga kaya akan fitur seperti pemasaran email dan helpdesk.

Tapi kekurangan dari sistem EPR ini yaitu tidak memiliki search engine di dalam sistemnya. Sehingga kita tidak bisa menemukan sesuatu secara langsung. Selan itu, pengopreasian untuk sistem ERP Odoo ini juga terbilang cukup sulit, sehingga cukup memakan banyak waktu untuk menguasainya.

3. Kurporate

Sistem ERP Kurporate sangat cocok untuk pemilik industri kecil karena biaya investasi untuk menggunakan sistem ini relatif terjangkau. Di dalam sistem ini terdapat modul Akuntansi, Stok, PEnjualan, SDM, Web-based, Pembelian, Produksi, dan CRM.

Anda juga tidak perlu khawatir dengan keamanan data karena sistem ERP ini akan menjamin keamanan dan keakuratan. Sistem ini dibuat oleh putra bangsa, sehingga kita juga bisa menyesuaikannya dengan kebutuhan pasar di Indonesia. Hal ini cukup berbeda dengan sistem ERP lainnya yang berasal dari luar negeri.

Baca juga: 5 FUNGSI APLIKASI INVENTORY UNTUK PERUSAHAAN INDUSTRI

4. Zahir

Zahir termasuk sistem ERP terbaik untuk manajemen bisnis dan keuangan yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan pasar. Sistem ini sudah memiliki banyak edisi seperti Zahir Point of Sale (POS) 6, Zahir Report Server 6, dan sebagainya.

Sistem ini banyak digemari oleh sebagian besar para pemilik industri perusahaan. Tapi untuk harga jualnya terbilang cukup mahal. Pemilik industri juga tidak bisa menghitung per jam ataupun per hari, sehingga harus dihitung sendiri-sendiri.

5. Oracle

Awalnya sistem ERP Oracle ini digunakan untuk manajemen keuangan. Tapi saat ini telah berkembang dengan terdapat beberapa modul di dalamnya seperti HRMS, Procurement, SCM, Project, dan CRM.

Kelebihan dari sistem ERP ini yaitu bisa melakukan manajemen sistem database dengan baik. Bisa mengolah angka dan data dalam jumlah besar, hingga mengaplikasikan manajemen bisnis data yang berasal dari multi server.

Karena memiliki banyak kelebihan, tidak heran kalau sistem ERP Oracle cukup mahal, sehingga kurang cocok untuk industri bisnis skala kecil hingga menengah. Selain itu juga membutuhkan hardware yang sudah berspesifikasi tinggi untuk mengoperasikan Oracle.

Sebelum memutuskan untuk menggunakan sistem ERP, sebaiknya pemilik industri perusahaan melakukan konsultasi terlebih dahulu. Dalam hal ini pemilik industri bisa berkonsultasi kepada EOS Teknologi.

Itulah beberapa sistem ERP terbaik yang bisa digunakan oleh para pemilik industri perusahaan di kawasan berikat. Contoh ERP diatas bisa dijadikan referensi sebelum menggunakannya.

Software IT Inventory Kawasan Berikat
Software Industry Kawasan Berikat – EOS Teknologi

Dan juga EOS Teknologi menjadi perusahaan Sistem ERP asal Indonesia yang patut untuk di ancungi jempol yang tidak kalah dengan brands ternama lainnya.

Jika ada tertarik menggunakan sistem ERP Indonesia dari EOS Teknologi, silahkan kunjungi kontak kami untuk info lebih lengkanya.

(eos/news)

Post Author: EOS Teknologi