Site Loader
Get a Quote

Sebagian besar perusahaan sudah banyak yang menggunakan sistem ERP. Lantas apa yang mereka butuhkan dari sistem ini? Tentu saja mereka tidak akan menerapkan sistem ini jika tidak memberikan keuntungan untuk  bisnis mereka.

Sebagian besar perusahaan yang menggunakan sistem ERP sudah berhasil mengimplementasikannya dengan baik. Dalam hal ini berarti mereka telah berhasil mendapatkan keuntungan dari sistem ini.

Lantas apa keuntungan jika perusahaan Anda menggunakan sistem ini?

Berikut beberapa alasan kenapa perusahaan Anda harus menggunakan sistem ERP untuk akurasi transaksi dan data:

1. Mengoptimalkan Efisiensi

Sistem ERP bisa menyederhanakan berbagai aktivitas menjadi lebih efektif dan efisien. Dengan begitu Anda tidak akan memakan waktu banyak untuk melakukanan aktivitas bisnis. Karena sistem ini bisa melakukan tugas-tugas kompleks secara otomatis. Misalnya pemantauan jam kerja, penggajian, kinerja karyawan, memantau laporan keuangan, pengecekkan inventaris, dan aktivitas lainnya.

Sekarang sudah tidak zaman melakukan semua aktivitas tersebut secara manual karena tentu saja akan memakan lebih banyak waktu. Tidak hanya itu, tim akan lebih fokus terhadap pekerjaan mereka tanpa harus mengganggu tim lainnya.

Misalnya begini, kerja tim marketing hanya untuk memantau web traffic harian. Dengan sistem ERP, mereka tidak harus bergantung pada tim lain seperti tim IT atau akuntansi. Semua akan bekerja dengan job desk mereka masing-masing.

Sistem ERP juga akan membuat manajer dan pemilik perusahaan bisa mengakses data dengan lebih cepat. Mereka hanya perlu melihat aktivitas perusahaan melalui dasbor. Dengan begitu mereka bisa membuat kecepatan dengan lebih cepat dari data tersebut. Karena seluruh data yang da butuhkan bisa diakses secara real time.

2. Meningkatkan Kolaborasi

Dalam sebuah perusahaa, apalagi perusahaan yang sudah berskala besar tentu saja membutuhkan kolaborasi antar departemen. Ini adalah bagian penting dan sangat diperlukan dalam sebuah bisnis. Nah dengan sistem ERP semua departemen akan berpusat kepada satu departemen.

Kemudian departemen lain akan mengaksesnya. Jika Anda menggunakan sistem Erp SaaS atau ERP yang berbasis Cloud bisa memperluas kolaborasi antar departemen. Bahkan semua departemen bsia mengaksesnya dengan internet.

3. Meningkatkan Keamanan Data

Perlu Anda ketahui bahwa ternyata sistem ERP juga bisa menghemat biaya operasional dari perusahaan. Karena seperti sudah disinggung sebelumnya kalau sistem ini bisa menyederhanakan berbagai aktivitas secara otomatis. Hal ini tentu saja bisa mengantisipasi berbagai gangguan dengan lebih baik.

Semua pekerjaan yang kompleks bisa dikerjakan dengan lebih cepat dengan sistem ERP. Dengan demikian sistem ini akan mengurangi lead time. Sistem ini bisa menghemat biaya operasional karena sistem ini bisa melakukan pekerjaan kompleks dengan otomatis, tidak manual.

4. Membuat Prakiraan Bisnis dengan Akurat

Salah satu faktor yang akan membuat perusahaan Anda berkembang atau tidak adalah prakiraan (forecast). Prakiraan sangat bergantung pada laporan perusahaan, setelah itu Anda bisa melakukan sebuah keputusan. Laporan atau data ini akan sangat mempengaruhi keputusan apa yang akan Anda ambil.

Untuk meminimalisir kesalahan dalam melakukan prakiraan, Anda harus mendapatkan laporan dengan lengkap, konsisten dan real time. Untuk mengatasi hal seperti itu sistem ERP adalah solusinya.

Sistem ERP akan memberikan laporan dengan menggunakan filter dan analitik canggih. Fitur ini bisa menyaring ketidakkonsistenan pada sebuah data. Selain itu, data yang dihasilkan juga bersifat real time. Dengan  begitu prakiraan yang Anda putuskan akan lebih baik untuk perusahaan.

5. Menjaga Keamanan Data

Sistem ERP juga bisa mencegah dan meningkatkan keamanan data. Karena sistem ini memiliki kontrol pembatasan dan firewall. Semua data perusahaan akan disimpan dalam sistem terpusat. Dengan begitu titik akses bisa dimonitor dengan ketat.

Anda harus memberikan tanggung jawab lebih terhadap Admin untuk mengelola data perusahaan Anda. Dia harus memberikan hak akses kepada karyawannya dengan terbatas. Seorang Admin juga bisa dengan cepat menghentikan akses karyawan yang baru saja keluar dari perusahaannya. Setelah itu memberikan akses kepada karyawan baru.

Itulah beberapa keuntungan yang akan Anda dapatkan ketika menggunakan sistem ERP.

Software IT Inventory Kawasan Berikat
Software Industry Kawasan Berikat – EOS Teknologi

EOS Teknologi menjadi perusahaan Sistem ERP Indonesia yang patut untuk di ancungi jempol yang tidak kalah dengan brands ternama lainnya.

Jika ada tertarik menggunakan sistem ERP Indonesia dari EOS Teknologi, silahkan kunjungi kontak kami untuk info lebih lengkanya.

(eos/news)


Post Author: EOSHIT