Site Loader
Get a Quote
Mengenal Lebih Dekat dengan Sistem ERP

Di zaman yang modern ini, hampir semua perusahaan berskala besar ataupun kecil (UMKM) sudah mengunakan sistem ERP. Karena sistem ini mampu mengintegrasikan dengan mengelola sebuah perushaan dengan cukup efisien dan efektif.

Enterprise Resource Planning (ERP) adalah serangkaian perangkat lunak yang berfungsi untuk mengelola dan mengintegrasikan sumber daya dari sebuah perusahaan.

Dengan demikian, ERP lebih menekankan pada perencanaan dan analisis atas sumber daya yang dimilki oleh sebuah perusahaan. Sumber daya yang dimaksud cakupannya sangat luas, bisa SDM (Sumber Daya Manusia), aset, finansial, akuntasi, dan sumber daya lainnya.

Pengertian Enterprise Resource Planning (ERP)

Enterprise Resource Planning (ERP) adalah sistem yang terintegrasi antara satu komponen dan komponen yang lain. Tujuannya untuk merangkum proses bisnis, sehingga akan menjadi sebuah kolaborasi yang sangat efektif dan efisien. Sistem ini dibuat dengan teknologi yang bisa menghasilkan informasi supaya perusahaan menjadi lebih kompetitif dalam transaksi operasional.

Sistem ERP tidak bisa berjalan semestinya jika tidak didukung dengan seperangkat aplikasi dan insfratuktur komputer baik hardware maupun software. Pengolahan data dan informasi yang dibuat dengan sistem akan lebih mudah dan terintegrasi.

Konsep yang paling penting dari sitem ERP adalah perencenaan yang terintegrasi pada suatu perusahaan. Tujuannya tidak lain yaitu untuk merencanakan dan mengelola sumber daya yang dimiliki oleh perushaan. Kemudian bisa merespon kebutuhan pelanggan dengan lebih efektif dan efisien.

Jika Anda masih bingung dengan pengertian ERP, Anda bisa mengenali karakteristiknya. Berikut karakteristik yang dimiliki oleh sistem ERP.

  • ERP adalah seperangkat perangkat lunak yang didesain untuk lingkungan client-server.
  • ERP bisa memproses semua transaksi sebuah perusahaan.
  • Pengguna bisa mengakses data secara real time.
  • Untuk menyimpan data, database yang digunakan berskala enterprise.
  • Proses bisnis dari perusahaan akan terintegrasi.

Industri yang Menggunakan Sistem ERP

Awalnya sistem ERP hanya dirancang hanya untuk industry manufaktur saja. Tapi seiring dengan berkembangnya teknologi, sistem ini telah merambah ke sektor lainnya. Sekarang sistem ERP sudah bisa digunaan di sektor makanan dan minuman, grosir, industri dan ritel, Pendidikan, jasa, real estate, kesehatan, bahkan kesehatan.

Sistem ERP bisa masuk ke berbagai sektor perusahaan untuk mengelola dan mengintegrasikan semua fungsi dasar dari sebuah perusahaan. Karena setiap perusahaan pasti ada banyak aktivitas yang dilakukan seperti transaksi jual beli barang, mendistribusikan barang, mengelola karyawan, dan mencatat keuangan.

Kenapa Sistem ERP Penting?

Karena alasan itulah kenapa sistem ERP sangat penting untuk berbagai industri. Salah satunya Industri Manufaktur di Indonesia yang begitu penting khususnya dalam laporan yang harus di sampaikan berbagai stakeholder.

Untuk itu, EOS Teknologi hadir sebagai solusi sistem ERP Indonesia untuk memenuhi kebutuhan kawasan berikat di Indonesia. Dan tentunya sistem yang di kembangkan bisa Anda kostomisasi sesuai kebutuhan bisnis Anda.

Software IT Inventory Kawasan Berikat
Software Industry Kawasan Berikat – EOS Teknologi

Jika ada tertarik menggunakan sistem ERP Indonesia dari EOS Teknologi, silahkan kunjungi kontak kami untuk info lebih lengkanya.

(eos/news)

Post Author: EOSHIT