Site Loader
software erp terbaik

Software ERP sudah tak asing lagi berhubungan dengan segala kegiatan perusahaan khususnya dalam kegiatan operasional. ERP merupakan sistem perangkat lunak yang memiliki fungsi mengelola sumber daya perusahaan dalam skala besar.

Untuk Anda yang masih cukup asing dengan istilah software ERP, berikut ini kami akan mengulas singkat mengenai definisi sistem ERP dan manfaatnya pada perusahaan.

Definisi Software ERP

ERP merupakan akronim dari Enterprise Resource Planning yang mengarah pada perangkat lunak dengan sistem yang digunakan untuk merencanakan dan mengelola seluruh rantai pasokan inti, manufaktur, layanan, keuangan, dan apapun proses dalam suatu perusahaan.

Software ERP merupakan sebuah sistem yang berupa software untuk membantu segala aktifitas manajemen perusahaan.

Sejarah Software ERP

Munculnya sistem ERP dimulai saat awal mula penggunaan mesin penghitung untuk bisnis pada tahun 1940-an. Kemudian output pada perusahaan meningkat sehingga diciptakannya solusi komputasi pada tahun 1960-an.

Pada tahun inilah, sistem mulai menangani manajemen dan pengendalian inventaris. Pada tahun 1960-an istem ERP mulai diperkenalkan yang kemudian pada tahun 1970-an berlanjut dan mengarah pada pembuatan software MRP (Material Requirements Planning) untuk membantu merencanakan kebutuhan dalam proses produksi.

Pada tahun 1970-an sampai 1980-an sistem ini telah berevolusi di berbagai perusahaan. Hingga pada tahun 1990-an sistem ERP digunakan pertama kali dalam perencanaan sumber daya perusahaan.

Apa Saja Kegunaan dan Manfaat Software ERP?

Berikut ini beberapa kegunaan software ERP bagi perusahaan yang perlu Anda perhatikan:

Menyederhanakan Aktifitas Operasional Perusahaan

ERP membantu segala aktifitas perusahaan menjadi lebih efisien, ringkas, dan cepat. Dengan adanya sistem seperti ini, masing-masing tim akan lebih fokus mengerjakan tugasnya tanpa gangguan dari pihak lainnya. Intinya, ERP sangat mempermudah dan mempercepat kegiatan operasional perusahaan.

Keamanan Data Terjamin

Menggunakan sistem ERP, keamanan segala data perusahaan akan terjamin. Sistem ini memiliki firewall untuk mengontrol pembatasan guna mencegah pelanggaran data. Semua data disimpan dengan sistem sangat aman dan ketat.

Prakiraan Bisnis yang Akurat

Software ERP memiliki sistem analitik yang baik dan canggih sehingga dapat memfilter ketidakkonsistenan data. Sistem ERP sangat penting bagi operasional perusahaan agar mendapatkan laporan secara nyata, lengkap, dan konsisten.

Berikut Manfaat menggunakan Software ERP

Biaya Operasional Perusahaan Lebih Hemat

Sistem ERP membantu perusahaan untuk menekan biaya operasional. Ini karena semua aktifitas perusahaan beralih pada software ERP yang lebih otomatis sehingga dapat mengurangi biaya tenaga kerja manual.

Keamanan Data Perusahaan Terjamin

Dengan menggunakan sistem ERP, keamanan data-data perusahaan jadi lebih terjamin karena software ERP memiliki firewall dan kontrol pembatasan untuk mencegah segala pelanggaran data. Dalam Sistem ERP juga menunjukkan segala aktifitas pengguna sehingga admin dapat mengontrol dan memeriksa apabila terdapat karyawan yang sedang melakukan aktivitas yang mencurigakan.

Perencanaan Perusahaan Lebih Baik

Sistem ERP mampu mengatur perencanaan operasional yang lebih valid dan terstruktur sehingga hal ini dapat meningkatkan daya saing perusahaan dan meningkatkan laba.

Sistem ERP EOS Teknologi

Nah, kini sahabat EOSHI telah mengetahui definisi, kegunaan, manfaat hingga sejarah mengenai software ERP sebagai tambahan wawasan dan informasi. Software ERP sangat penting dimiliki perusahaan untuk kelancaran dalam operasional bisnis.

Maka dari itu EOS Teknologi memiliki rekomendasi software ERP terbaik dengan berbagai jenis sistem seperti IT Inventory, Accounting Management System, Warehouse Management System, Purchasing Management System, Sales Management System, Production System, Project Management System untuk menunjang segala aktifitas operasional perusahaan anda.

(EOS/News)


Post Author: EOS Teknologi